Liga Champions: Laga Lawan Valencia, Laga Terpenting dalam Sejarah Atalanta

19 Februari 2020 18:11 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Presiden Atalanta, Antonio Percassi. Foto: Miguel MEDINA / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Atalanta, Antonio Percassi. Foto: Miguel MEDINA / AFP
ADVERTISEMENT
Atalanta sampai juga ke babak 16 besar Liga Champions 2019/20. Liga Champions pertama buat Atalanta, babak gugur pertama Liga Champions pertama untuk Atalanta. Tak heran jika pertandingan melawan Valencia pada Kamis (20/2/2020) itu menjadi spesial.
ADVERTISEMENT
Sespesial apa laga ini dijelaskan oleh Presiden Atalanta, Antonio Percassi. Bahkan Percassi tak ragu untuk menyebut duel ini menjadi penanda penting dalam sejarah Atalanta.
"Kami harus jujur, ini laga terpenting dalam sejarah terpenting dalam sejarah Atalanta. Rasanya tidak dapat dipercaya," jelas Percassi, dikutip dari Football Italia.
"Baru membayangkan seperti apa berlaga di babak 16 besar Liga Champions saja rasanya sudah menyenangkan. Ini juga menjadi pengalaman hebat bagi para suporter. Laga ini akan menjadi pengalaman unik yang bakal mereka ingat seumur hidup," tutur Percassi.
Para pemain Atalanta merayakan kemenangan. Foto: Dok. Atalanta
Atalanta menjadi kekuatan mengerikan di sepak bola Italia. Mereka mungkin tidak menjadi yang paling dominan, tetapi tetap saja mengerikan.
Atalanta menjadi tim yang paling produktif mencetak gol di Serie A 2019/20. Hingga pekan 24 tuntas, Atalanta menyegel 63 gol. Bahkan Juventus yang ada di puncak klasemen saja 'cuma' membuat 46 gol.
ADVERTISEMENT
Produktivitas Atalanta dalam mencetak gol adalah bukti bahwa skema 3-4-1-2 mampu mengakomodasi kebutuhan tim saat menyerang.
Sistem ini tidak hanya membuat Atalanta agresif menyerang dengan mengandalkan kecepatan para wing-back, tetapi juga mengandalkan kombinasi umpan para bek dan gelandang.
Para pemain Atalanya merayakan kemenangan atas Shakhtar pada matchday terakhir fase grup. Foto: Gleb Garanich/Reuters
Di sisi lain, permainan Atalanta juga seimbang karena mereka memiliki banyak pemain di lini kedua yang dapat menekan lawan saat mulai menguasai bola.
Percassi tentu berharap keganasan Atalanta di Serie A juga dapat muncul di Liga Champions. Sejauh ini, Atalanta baru membuat delapan gol di perburuan Si Kuping Besar.
Meski demikian, Percassi tak mau kehilangan malam spesialnya di San Siro hanya karena dibebani oleh harapan seperti itu. Terlepas dari apa pun hasilnya nanti, Percassi tak mau kehilangan momen di laga penting klubnya itu.
ADVERTISEMENT
"Saya terbangun di beberapa malam. Tetap saja semuanya terasa tidak nyata. Saya harus tegaskan, apa pun yang terjadi, saya ingin melanjutkan kerja sama dengan pelatih kami," jelas Percassi.
Leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/20 antara Atalanta dan Valencia akan digelar di San Siro pada Kamis (20/2/2020). Sepak mula berlangsung pada 03.00 WIB.