Logo Premier League

Klub-klub Premier League Segera Bahas Masalah Degradasi Musim Ini

4 Juni 2020 13:43 WIB
comment
5
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bola resmi Premier League 2019/20. Foto: Reuters/Lee Smith
zoom-in-whitePerbesar
Bola resmi Premier League 2019/20. Foto: Reuters/Lee Smith
ADVERTISEMENT
Premier League 2019/20 akan kembali bergulir pada 17 Juni. Namun, masih ada sejumlah hal yang harus dibahas, salah satunya soal degradasi.
ADVERTISEMENT
Rencananya, para kontestan Premier League akan mendiskusikan masalah degradasi musim ini dalam sebuah rapat virtual pada Kamis (4/6/2020) waktu Inggris.
Rapat itu sebenarnya membahas bagaimana menutup Premier League 2019/20 kalau-kalau kompetisi tidak bisa dilanjutkan karena virus corona.
Selain soal degradasi, rapat juga akan membahas soal jadwal pertandingan, penggunaan VAR, jumlah pemain pengganti, lokasi laga, dan registrasi pemain.
Menariknya, CEO Premier League, Richard Masters, mengatakan kepada BBC Sport bahwa degradasi akan menjadi topik panas dalam rapat tersebut.
Logo Premier League Foto: situs resmi Premier League
ESPN melaporkan bahwa ada wacana Premier League melakukan perhitungan dengan cara point-per-game (PPG) untuk menentukan posisi klasemen kalau kompetisi tak bisa dilanjutkan. Sementara, degradasi tetap terjadi.
Kabarnya, ada enam klub Premier League yang menolak wacana itu. Namun, perlu suara 14 dari total 20 klub untuk menolak PPG tersebut. Di sisi lain, mengingat jarak posisi ke-14 dan ke-15 cuma lima poin, ada kemungkinan jumlah klub yang menolak jadi bertambah.
ADVERTISEMENT
Masih dari laporan ESPN, jika ada tujuh suara menolak PPG, semua klub harus mencari alternatif lain untuk menentukan posisi klasemen musim ini.
Sementara itu, belum ada diskusi formal mengenai penghapusan degradasi musim 2019/20. Masters juga mengungkap hal serupa dalam wawancaranya dengan Sky Sports.
Namun demikian, ada kemungkinan sejumlah klub mendorong penghapusan degradasi musim ini kalau ada banyak suara yang menolak PPG itu.
Di sisi lain, Premier League tak bisa begitu saja mengubah aturan promosi atau degradasi tanpa izin dari Football Association (FA). Kabar buruk buat klub-klub yang ingin degradasi musim ini dihapus, BBC Sport dan ESPN melaporkan bahwa FA menolak kalau musim ini tanpa degradasi.
Sebelumnya, Wakil Presiden Manchester United, Ed Woodward, menyatakan bahwa Premier League musim ini harus memberlakukan degradasi. Sementara, klub-klub yang menolak adalah mereka yang khawatir kondisi finansialnya tak bisa bertahan kalau turun kasta ke Championship.
ADVERTISEMENT
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.
****
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit SmartTV dan 2 Jersi Original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten