Juergen Klopp

Klopp Diminta Tak Juarai Premier League... oleh Fans Man United

21 Februari 2020 13:45 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Tim pelatih Liverpool merayakan kemenangan atas United. Foto: REUTERS/Phil Noble
ADVERTISEMENT

Ada cerita menarik dari Juergen Klopp. Belum lama ini, manajer dari Jerman itu mendapatkan surat dari penggemar Manchester United bernama Daragh. Dalam suratnya, bocah berusia 10 tahun tersebut meminta Klopp agar Liverpool tak juara Premier League musim ini.

ADVERTISEMENT

Sejauh musim ini bergulir, Liverpool tak pernah kalah di liga dan kini berada di posisi pertama dengan 76 poin. Ini berarti, Sadio Mane cs. sudah unggul 22 poin atas Manchester City yang di peringkat kedua. Jika menangi 5 laga lagi, Liverpool juara liga.

"Halo, Klopp, saya Daragh. Saya mendukung Man United dan saya mengeluh karena Liverpool terlalu banyak menang. Jika menang di 9 laga lagi, berarti inilah tim terbaik dalam sejarah sepak bola Inggris. Sebagai fan United, saya sedih," tulis Daragh.

"Jadi, kalau Liverpool tampil lagi, tolong biarkan mereka kalah. Anda harus membiarkan tim lain mencetak gol. Semoga saya sudah berhasil meyakinkan Anda untuk tak menjuarai Premier League atau pertandingan lagi. Terima kasih," lanjutnya.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Juergen Klopp tak ambil pusing dengan performa Liverpool di pramusim. Foto: Reuters/Ed Sykes

Menariknya, Klopp sama sekali tak marah ketika membaca surat ini. Bahkan, eks pelatih Borussia Dortmund itu mengirimkan surat balasan dengan menggunakan kop surat Liverpool.

ADVERTISEMENT

"Halo, Daragh. Pertama, saya ingin berterima kasih karena sudah menuliskan surat kepada saya. Saya tahu, kamu tak mengucapkan 'Semoga berhasil' atau semacamnya. Tapi, selalu menyenangkan membaca surat dari penggemar sepak bola muda," tulis Klopp.

"Sayangnya, saya tak bisa mengabulkan permintaanmu. Kamu sangat ingin Liverpool kalah, tapi ada jutaan manusia juga di dunia yang ingin tim ini menang. Saya bekerja sebagai pelatih Liverpool, dan ini membuat saya tak ingin membuat mereka kecewa."

"Berita baiknya untukmu, kami pernah kalah dan bakal kalah lagi di masa depan. Inilah sepak bola. Oke, kamu 10 tahun, dan merasa dunia ini bakal tetap begini. Tapi, percayalah, sebagai orang yang sudah hidup selama 52 tahun, dunia ini selalu berubah."

ADVERTISEMENT

"Saya harap, saat membaca surat ini, hasratmu terhadap sepak bola dan tim yang kamu cinta takkan berubah. Karena Manchester United beruntung memiliki fans sepertimu," tambah Klopp.

===

Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.

Bagi yang mau nonton langsung siaran liga Inggris bisa ke MolaTV dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer bisa cek list schedule-nya di SSCornerID.

Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.

Ini adalah rumah dan tempat berinteraksi para fans Liga Inggris di kumparan. Jangan lupa subscribe agar dapat update informasi terbaru soal jadwal dan ulasan serta peluang memenangkan tiket gratis nonton Premier League langsung di Inggris.