Kapan Bayern Muenchen Bisa Menjadi Juara Bundesliga 2019-20?

28 Mei 2020 13:16 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Manuel Neuer, Joshua Kimmich, dan Benjamin Pavard. Foto: Federico GAMBARINI/POOL/AFP
zoom-in-whitePerbesar
Manuel Neuer, Joshua Kimmich, dan Benjamin Pavard. Foto: Federico GAMBARINI/POOL/AFP
ADVERTISEMENT
Kendati baru saja mengalahkan Borussia Dortmund pada pekan ke-28, Hansi Flick belum mau membicarakan kans Bayern Muenchen merengkuh juara Bundesliga 2019-20. Segala kemungkinan masih terbuka sebab tersisa enam laga, katanya.
ADVERTISEMENT
Namun, sisa enam pertandingan itu terasa sedikit bila melihat selisih poin Bayern dengan Dortmund. Bayern berada di puncak dengan 64 poin, sedangkan Dortmund tepat di bawah mereka lewat koleksi 57 angka. Selisihnya tujuh poin.
Dengan gap tersebut, kemungkinan besar Bayern memang bakal jadi juara. Apalagi kalau menengok performa mereka akhir-akhir ini. Sepanjang 2020 cuma sekali Bayern gagal menang, yakni kala imbang 1-1 dengan RB Leipzig.
Pertanyaannya adalah kapan mereka memastikannya?
Para pemain Bayern Muenchen merayakan gol Joshua Kimmich ke gawang Borussia Dortmund. Foto: Federico Gambarini/Pool via REUTERS
Berdasarkan hitung-hitungan, Bayern sudah bisa mengunci gelar juara jika memenangi empat laga berikutnya. Itu berarti mereka sudah bisa berpesta pada pekan ke-32 saat bertandang ke markas Werder Bremen.
Kenapa? Karena empat kemenangan itu bakal membuat poin Bayern menjadi 76. Angka ini tak mungkin lagi dikejar oleh Dortmund. Dengan enam laga tersisa, poin maksimal yang bisa mereka peroleh cuma 75.
ADVERTISEMENT
Namun, sepak bola tak sesederhana itu. Masih terbuka kemungkinan lain karena lawan-lawan yang akan Bayern hadapi. Kita akan membahasnya. Biar lebih lengkap, kita bahas pula tim-tim yang bakal Dortmund lawan di sisa musim.
Pada pekan ke-29, Bayern cuma akan menjamu Fortuna Dusseldorf. Dusseldorf adalah salah satu kandidat tim terdegradasi. Mereka tertahan di urutan ke-16 dengan 27 poin. Maka, bukan hal sulit bagi Bayern untuk meraih kemenangan.
Hal serupa juga berlaku untuk Dortmund. Mereka cuma akan bertandang ke markas Paderborn. Lagi-lagi, tim ini kandidat degradasi. Kandidat terkuat bahkan. Mereka berada di posisi paling bawah dengan 19 angka.
Poin Bayern: 67. Dortmund: 60.
Kedua tim bakal sama-sama melawan tim solid pada pekan ke-30. Bayern bertandang ke markas Bayer Leverkusen, sedangkan Dortmund menghadapi Hertha Berlin yang tampil luar biasa sejak Bundesliga restart.
ADVERTISEMENT
Pada putaran pertama, Bayern kalah 1-2 karena tak bisa mengantisipasi kecepatan Leverkusen. Namun, kali ini berbeda karena Alphonso Davies, yang waktu itu terus dicecar, jauh lebih berkembang. So, tiga poin bukan hal mengejutkan buat Bayern.
Kemungkinan mereka gagal menang justru pada pekan ke-31. Lawannya Borussia Moenchengladbach, tim yang mencuri perhatian musim ini sekaligus tim yang musim-musim sebelumnya cukup sering merepotkan Bayern.
Gladbach menang pada putaran pertama, tetapi kali ini kami memprediksi hanya mencuri hasil imbang. Pasalnya, performa Gladbach sedang tak stabil. Cuma sekali mereka meraih kemenangan sejak Bundesliga restart.
Duel Borussia Dortmund versus Bayern Muenchen. Foto: Federico Gambarini/Pool via REUTERS
Sementara itu, Dortmund yang melawan Hertha Berlin pada pekan ke-30 tampaknya tetap akan meraih kemenangan, meski agak sulit. Begitu pula ketika bertandang ke markas Fortuna Dusseldorf pada pekan berikutnya.
ADVERTISEMENT
Poin Bayern: 71. Dortmund: 66. Selisih menjadi lima poin saja.
Sekarang mari kita beralih ke pekan ke-32. Di titik ini kedua tim sama-sama menghadapi lawan yang seharusnya gampang dikalahkan: Bayern berjumpa Bremen, sedangkan Dortmund melawan Mainz.
Selisih pun terjaga, dan Dortmund masih punya peluang menjadi juara. Poin Bayern: 74. Dortmund: 69.
Peluang itu baru akan tertutup pada pekan berikutnya alias pekan ke-33. Bayern cuma menjamu Freiburg yang tak pernah menang sejak Bundesliga restart. Adapun, Dortmund bakal bertandang ke markas tim kuat Leipzig.
Besar kemungkinan Bayern menang atas Freiburg. Poin mereka lantas jadi 79. Mengingat Bundesliga cuma tersisa satu laga setelahnya, juara dipastikan milik Bayern kendati Dortmund menang atas Leipzig, misalnya, yang rasanya sulit.
ADVERTISEMENT
Bayern lagi, Bayern lagi...
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.