Kalahkan Villarreal, Atletico Naik ke Urutan Ketiga La Liga

24 Februari 2020 5:01 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Angel Correa merayakan gol yang dia cetak ke gawang . Foto: Susana Vera/REUTERS
Angel Correa merayakan gol yang dia cetak ke gawang Villareal. Foto: Susana Vera/REUTERS
ADVERTISEMENT

Atletico Madrid mengunci pekan ke-25 Liga Spanyol 2019/20 dengan kemenangan. Menjamu Villarreal di Wanda Metropolitano, Senin (24/2) dini hari WIB, Los Rojiblancos menjungkalkan tim tamu dengan skor 3-1.

ADVERTISEMENT

Gol-gol kemenangan Atletico dicatatkan atas nama Angel Correa (40'), Koke (64'), serta Joao Felix (74'). Sementara itu, Villarreal mencetak gol melalui aksi Paco Alcacer pada menit ke-16.

Atas hasil ini, Atletico naik ke urutan ketiga klasemen sementara La Liga dengan mengantongi 43 poin. Nah, bagi Villarreal, mereka mesti tertahan di urutan ketujuh dengan 38 poin.

***

Tak ada Diego Simeone di tepi lapangan saat anak asuhnya berlaga. Juru latih Atletico tersebut mesti absen lantaran masih menjalani hukuman.

Meski demikian, Atletico tetap turun dengan kekuatan terbaik. Mulai dari Jan Oblak di pos penjaga gawang, Stefan Savic dan Filipe di jantung pertahanan, Koke dan Saul di lini tengah, hingga Alvaro Morata dan Angel Correa di pos penyerangan.

ADVERTISEMENT

Villarreal asuhan pelatih Javier Calleja turun dengan wadah 4-4-2. Raul Albiol menjadi pemimpin di lini belakang, Vicente Iborra dan Manu Trigueros dan pemain berpengalaman yakni Santi Cazorla mengawal lini tengah guna menyuplai bola bagi Paco Alcacer dan Gerrard Moreno.

Dengan susunan tersebut, Villarreal tak canggung menekan lini belakang Atletico lebih dulu, meskipun mereka berstatus tim tamu. Itu mereka buktikan dengan keberhasilan mencuri keunggulan saat laga baru berjalan 16 menit.

Adalah Paco Alcacer yang mencatatkan namanya di papan skor. Menerima bola 'gratisan' dari sundulan Sime Vrsaljko yang bermaksud menyapu bola dari umpan silang, pemilik nomor punggung 17 itu melepaskan sepakan jarak jauh dari kotak penalti yang tak mampu dijangkau Jan Oblak.

ADVERTISEMENT

Tertinggal satu gol bikin Atletico meningkatkan intensitas serangan. Akan tetapi, dua kans emas Alvaro Morata pada menit ke-29 dan menit ke-36 masih belum berujung gol.

Barulah pada menit ke-42, Atletico berhasil menyamakan kedudukan. Gol tuan rumah hadir lantaran pemain belakang Villarreal kurang cekatan dalam melakukan sapuan di daerah sendiri.

Sial bagi Villarreal, kondisi ini memudahkan Angel Correa mencetak gol dari jarak dekat. Rekan duet Morata itu sukses memanfaatkan umpan chip Vrsaljko yang ikut membantu serangan via tepi sayap menjadi gol.

Selepas turun minum, Atletico tak ingin kembali kecolongan lebih dulu. Oleh karena itu, mereka sudah rutin memberikan ancaman ke lini pertahanan Villarreal melalui sepakan Morata dan Thomas Partey selama 15 menit babak kedua berjalan.

ADVERTISEMENT

Terus-menerus menekan, akhirnya Atletico sukses membalikkan keadaan di menit ke-66. Gol kedua lahir dari kapten mereka yakni Koke melalui umpan silang Correa di tepi sayap kanan. Skor 2-1 untuk keunggulan Atletico.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Atletico Madrid vs Villareal. Foto: Susana Vera/REUTERS

Villarreal tak sigap merespons kebangkitan Atletico ini. Hasilnya, mereka kembali tertinggal usai Joao Felix, yang masuk sebagai pemain pengganti, menambah pundi-pundi gol Atletico.

Well, kesalahan di lini belakang kembali menjadi momok bagi Villarreal. Ya, lahirnya gol Felix dari luar kotak penalti karena kesalahan Pau Torres menjauhkan bola di daerah sendiri. Skor 3-1 Atletico menjauh di menit ke-74.

Menyisakan 15 menit jelang laga rampung, Villarreal tak punya pilihan lain selain bermain menyerang. Akan tetapi, Atletico yang unggul margin dua gol merespons dengan sistem bertahan.

ADVERTISEMENT

Sial bagi Villaeral, di sisa waktu mereka hanya mendapatkan satu peluang dari Javier Ontiveros yang bekerja sama dengan Samuel Chukwueze. Sial bagi mereka, Jan Oblak cekatan dalam mengantisipasi kans tersebut.

Jelang laga rampung, tepatnya di menit ke-89, Felix mendapat kans untuk memperlebar jarak. Akan tetapi, upaya pemain Timnas Portugal itu mentah di tangkapan penjaga gawang Villarreal.

Hingga laga tuntas, kemenangan 3-1 tetap jadi milik Atletico. Simeone yang duduk di tribune VVIP tersenyum lebar di pengujung laga.