Jumat Ini, Nasib Liga Belanda Ditentukan Lewat Rapat UEFA dan Federasi

22 April 2020 2:21 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kekecewaan para pemain Ajax. Foto: JOHN THYS / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Kekecewaan para pemain Ajax. Foto: JOHN THYS / AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pandemi COVID-19 memaksa pemerintah Belanda untuk tetap mengambil langkah radikal. Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, mengumumkan bahwa pembatasan kegiatan umum atau sosial yang membutuhkan izin keramaian diperpanjang hingga 1 September 2020.
ADVERTISEMENT
Keputusan yang dirilis oleh Rutte pada Selasa (22/4/2020) ini disusul dengan langkah Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) untuk mengambil opsi menghentikan kompetisi 2019/20. Karena seluruh ajang olahraga profesional dilarang untuk digelar, sangat kecil kemungkinan untuk melanjutkan kompetisi meski tanpa penonton.
Akan tetapi, opsi ini baru akan diputuskan diambil atau tidak setelah melakukan konsultasi dengan UEFA pada Jumat (24/3/2020). Jika kompetisi benar-benar dihentikan, Eredivisie juga ikut terdampak.
Kondisi ini cukup ironis karena pada 8 April, KNVB mengumumkan ancang-ancang untuk melanjutkan kompetisi dengan format tanpa penonton. Rencana saat itu, kompetisi dilanjutkan pada 19 Juni 2020.
KNVB belum merilis rencana apa yang akan diambil jika Eredivisie 2019/20 dihentikan tanpa menyelesaikan seluruh laga tersisa. Hingga kini, Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar bersaing ketat di dua besar klasemen dengan berbekal masing-masing 56 poin.
ADVERTISEMENT
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!