Juan Mata

Juan Mata Masih Penting buat Manchester United

13 Januari 2020 18:53 WIB
comment
131
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Juan Mata tampil cemerlang di laga melawan Norwich City.  Foto: REUTERS/Jon Super
zoom-in-whitePerbesar
Juan Mata tampil cemerlang di laga melawan Norwich City. Foto: REUTERS/Jon Super
ADVERTISEMENT
Manchester United berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-0 di laga Premier League versus Norwich City, Sabtu (11/1/2020) malam WIB. Di laga tersebut, playmaker United, Juan Mata, tampil luar biasa.
ADVERTISEMENT
Mata berhasil mengkreasikan dua dari empat gol yang diciptakan United—yang dicetak oleh Marcus Rashford dan Anthony Martial. Tak hanya itu, Mata juga berhasil melepaskan 71 operan dengan persentase kesuksesan mencapai 90%.
Dari situ, bisa dilihat kapabilitas Mata sebagai otak serangan. Menariknya, pemain berusia 31 tahun itu bukanlah penghuni reguler starting XI United di Premier League 2019/2020.
Mata baru lima kali menjadi starter di liga musim ini. Laga melawan Norwich juga merupakan start perdananya sejak melawan Aston Villa pada 1 Desember 2019.
Untungnya, penampilan Mata di laga melawan Norwich membuat pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer, sadar. Solskjaer kemudian menyatakan bahwa Mata masih menjadi pemain yang penting buat United.
ADVERTISEMENT
Juan Mata (kiri) tampil cemerlang di laga melawan Norwich City. Foto: REUTERS/Jon Super
“Mata menunjukkan kualitasnya. Ia luar biasa. Ia bisa melepaskan operan dan umpan silang yang sempurna. Ia jelas adalah bagian penting dari tim kami,” kata Solskjaer, dilansir situsweb resmi United.
“Saya pikir kami membuat lebih banyak kesempatan ketika ia bermain. Kami ingin Mata memberikan solusi bagi kami. Kami ingin ia menerima bola, dan hari ini ia terus menemukan ruang buat kami,” tambah pelatih asal Norwegia itu.
Visi bermain Mata memang cemerlang. Namun, yang membuat nilainya lebih tinggi adalah United tak memiliki gelandang serang bertipe playmaker murni seperti dirinya.
Selain itu, Mata juga kidal, dan United tak memiliki gelandang serang lainnya yang menggunakan kaki kiri sebagai kaki utama. Dari situ, Mata menyisir dan memberikan peluang dari sisi kanan penyerangan timnya, seperti yang ia lakukan kala menciptakan gol Rashford di laga melawan Norwich.
ADVERTISEMENT
Pemain Manchester United Mracus Rashford (kiri) saat mencetak gol ke gawang Norwich City. Foto: REUTERS/Jon Super
Solskjaer pribadi mengakui bahwa Mata memberikan variasi untuk ofensif United. Sang pelatih juga menyatakan bahwa Mata berpeluang untuk menjadi starter reguler United.
“Ya. Ia adalah pesepak bola hebat dan kami mesti menyiapkannya. Kami memiliki banyak pemain cepat. Saya bisa saja memasang Daniel James dengan kecepatan yang ia miliki. Namun, Mata memberikan kami dimensi berbeda,” tutup Solskjaer.
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten