Jorge Valdano: El Clasico Kali Ini Ibarat Duel Dua Tim Pesakitan

28 Februari 2020 12:58 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Eks GM Real Madrid, Jorge Valdano. Foto: GUILLERMO LEGARIA / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Eks GM Real Madrid, Jorge Valdano. Foto: GUILLERMO LEGARIA / AFP
ADVERTISEMENT
Tidak semua orang menyambut El Clasico, duel akbar antara Real Madrid dan Barcelona, dengan berapi-api. Salah satu orang yang menganggap laga ini biasa-biasa saja adalah mantan petinggi Madrid, Jorge Valdano.
ADVERTISEMENT
Menurut Valdano, El Clasico pada Senin (2/3/2020) lebih cocok buat disebut sebagai duel para pesakitan ketimbang perang bintang. Pendapat ini mengacu pada inkonsistensi kedua tim di sepanjang 2019/20.
"El Clasico kali ini mirip duel antara dua tim pesakitan. Barca dan Madrid sama-sama sedang ada dalam masa sulit. Barcelona bisa kembali ke puncak klasemen La Liga cuma karena kemerosotan Real Madrid. Performa buruk mereka justru mendongkrak posisi Barcelona di klasemen," jelas Valdano, dikutip dari Goal International.
Gol Gareth Bale ke gawang Barcelona dianulir. Foto: Reuters/Sergio Perez
Dari segi performa di La Liga, Barcelona sedikit lebih baik ketimbang Madrid. Dalam delapan pertandingan teranyar, mereka mengemas lima kemenangan, dua kekalahan, dan satu hasil imbang. Dalam kurun yang sama, Madrid mencatatkan empat kemenangan, tiga kekalahan, dan satu hasil imbang.
ADVERTISEMENT
Dua kekalahan terakhir Madrid bahkan didapat di dua laga beruntun. Setelah kalah 0-1 dari Levante di La Liga, Madrid tumbang 1-2 dari Manchester City di Liga Champions. Penampilan Barcelona juga tidak bisa dipuji begitu saja. Di laga melawan Napoli, mereka cuma bermain imbang 1-1.
Tak sampai di situ. Madrid dan Barcelona sama-sama tersingkir dari Copa del Rey. Jika Madrid kalah 3-4 dari Real Sociedad, Barcelona kalah 0-1 dari Athletic Bilbao di perempat final. Bagi Barcelona, ini menjadi pertama kalinya mereka gagal ke semifinal sejak 2010/11.
Lionel Messi dan Sergio Ramos dalam duel El Clasico di Camp Nou. Foto: REUTERS/Albert Gea
Valdano, di sisi lain, masih percaya magi El Clasico. Pertandingan di La Liga 2019/20 pekan 26 itu memang belum menentukan gelar juara.
Namun, El Clasico selalu spesial bagi Madrid dan Barcelona. Ia bahkan percaya Madrid bisa turun arena di Santiago Bernabeu bukan seperti tim yang baru saja menelan dua kekalahan berturut-turut.
ADVERTISEMENT
"Ada banyak orang yang memprediksi Madrid tidak bisa menghindar dari kekalahan setelah takluk dihantam City. Namun, ini El Clasico. Setiap tim memastikan bahwa luka-luka mereka sudah sembuh sebelum turun arena. Toh, Madrid punya banyak pemain berpengalaman dan mereka juga akan bertanding di kandang," tutur Valdano.