Jika Juventus Juara Coppa Italia, Buffon Samai Rekor Mancini

17 Juni 2020 15:44 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon. Foto: Marco BERTORELLO / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon. Foto: Marco BERTORELLO / AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gianluigi Buffon menyambut final Coppa Italia 2019/20 dengan berapi-api. Di duel pemungkas ini ia berkesempatan untuk membukukan catatan penting dalam perjalanan kariernya sebagai pemain.
ADVERTISEMENT
Pandemi virus corona tidak membuat Juventus kehilangan tiket berlaga di laga puncak Coppa Italia. Kamis (18/6/2020) mereka akan bertanding melawan Napoli di Olimpico.
"Musim ini saya bermain sedikit sehingga peluang kembali ke lapangan membuat saya lebih berapi-api daripada sebelumnya," ujar Buffon, dilansir Football Italia.
Bagaimana tidak berapi-api jika Buffon punya kesempatan menyamai torehan Roberto Mancini sebagai pemain yang paling sering menjuarai Coppa Italia? Mantan pelatih Manchester City itu enam kali berdiri di podium juara Italia.
Buffon mencicipi gelar juara Coppa Italia pertamanya pada 1998/99 bersama Parma. Hengkang ke Juventus, ia mengangkat trofi turnamen yang sudah berusia 98 tahun itu pada 2014/15, 2015/16, 2016/17, dan 2017/18.
Sebenarnya tidak ada kepastian apakah Maurizio Sarri akan mengutus Wojciech Szczęsny atau Buffon untuk bersiaga di depan gawang Juventus. Namun, kondisi itu bukan masalah bagi Buffon.
Buffon menyelamatkan penalti di laga ICC 2019 melawan Inter Milan. Foto: HECTOR RETAMAL / AFP
"Rahasia utama untuk tetap ada di performa puncak adalah mengurangi jumlah pertandingan. Terlalu sering bertanding juga bisa membuatmu merasa terbiasa, kamu bakal seperti kehilangan nyawa dalam pertandingan tersebut," papar Buffon.
ADVERTISEMENT
Penangguhan kompetisi selama tiga bulan akibat pandemi juga memberi keuntungan. Buffon yang turun arena 12 kali di semua kompetisi musim 2019/20 memiliki waktu yang lebih banyak untuk beristirahat sehingga fisiknya betul-betul fit jelang pertandingan melawan Napoli.
"Saya mendapat waktu jeda yang cukup sehingga fisik saya benar-benar prima. Saya juga menilai sepak bola [walau tak bisa digelar dengan penonton] penting bagi orang-orang Italia. Kami membutuhkan sesuatu yang dapat membangkitkan semangat setelah bulan-bulan yang sulit ini," tutur Buffon.
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!