Jadwal Lengkap & Event Timnas Indonesia 2021

12 November 2020 13:02 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suporter Timnas Indonesia. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
zoom-in-whitePerbesar
Suporter Timnas Indonesia. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tak ada laga-laga Timnas Indonesia di 2020. Seluruh pertandingan mulai dari Timnas U-16 hingga Timnas Senior bahkan Timnas Indonesia Wanita gagal mentas karena pandemi corona melanda dunia.
ADVERTISEMENT
Sebetulnya, ada sejumlah agenda yang kudu dijalani oleh para patriot bangsa via sepak bola pada 2020. Salah satu contohnya, Timnas Indonesia Piala AFF 2020.
Ya, mestinya November hingga Desember 2020, Timnas Indonesia tampil di kompetisi sepak bola dua tahunan se-Asia Tenggara ini. Tapi, apa boleh bikin, semua kudu urung terlaksana.
Nah, kabar baiknya, pada 2021, Timnas Indonesia akan mentas dengan sejumlah agenda. Apa saja? kumparan merangkum untuk Anda:

Timnas Indonesia Senior

Timnas Senior akan berlaga di Pra Piala Dunia 2022. Merujuk jadwal, ada tiga laga yang mesti dijalani yakni kontra Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.
AFC selaku Konfederasi Sepak Bola Asia sudah memberikan lampu hijau terkait waktu penyelenggaraan pertandingan yakni Maret dan Juni 2021. Hanya, mereka belum merinci kapan skuat Garuda akan berlaga.
Pertandingan laga Kualifikasi Piala Dunia Grup G antara Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Selasa (15/10/2019). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Timnas Indonesia juga akan berlaga di Piala AFF. Agenda yang sedianya bergulir tahun ini akan bergeser ke tahun depan.
ADVERTISEMENT
Merujuk pernyataan AFF, sepak mula gelaran akan berlangsung pada 11 April hingga 8 Mei 2021. Hal ini disampaikan pada 25 September 2020.

Timnas U-23 Indonesia

Pada tahun ini, Timnas U-23 tak menjalani satu event. Sebab, saat berlaga di babak kualifikasi, pasukan Garuda Muda gagal melaju ke babak final yang terselenggara di Thailand, Januari 2020.
Pemain timnas U-23 Osvaldo Haay (kanan) menendang ke arah gawang Brunei Darussalam di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Hermawan
Pemain timnas U-23 Indonesia Sani Riski (kanan) berusaha melewati pemain timnas Vietnam pada laga Final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Filipina. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Hermawan
Setelah tak berpartisipasi, Timnas U-23 sedianya menyongsong ajang SEA Games 2021. Pada ajang multievent se-Asia Tenggara itu, mereka akan bertolak ke Vietnam pada 21 November hingga 2 Desember 2021.
Sebelum itu, ada sejumlah agenda yang masuk list Timnas U-23. Pertama Piala AFF U-22 dan yang kedua Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Hanya saja, dua event ini belum diketahui waktu penyelenggaraannya.
ADVERTISEMENT

Timnas U-19 dan U-20 Indonesia

Ada dua event penting yang akan dijalani Timnas U-19 tahun depan. Pertama, Garuda Nusantara akan menjalani Piala Asia U-19 pada 3 hingga 20 Maret 2020.
Adapun, event kedua adalah Piala Dunia U-20. Di ajang ini, Indonesia selaku tuan rumah Timnas U-19 akan berlaga mulai 20 Mei hingga 12 Juni 2021.
Timnas U-19 saat menjalani laga uji coba melawan Hajduk Split. Foto: Dok. PSSI
Timnas U-19 saat menjalani laga uji coba melawan Hajduk Split. Foto: Dok. PSSI
Akan tetapi, untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 masih belum menemui kepastian. Sebab, mengingat pandemi corona belum reda, sejumlah spekulasi bermunculan.
Akan tetapi, PSSI selaku federasi menggaransi bahwa event tetap berjalan. Sejauh ini persiapan juga tengah dikebut.
Mestinya, Timnas U-19 juga akan berlaga di event Piala AFF. Hanya saja, Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara belum mengkonfirmasi kapan penyelenggaraannya. Sebabnya, sama seperti alasan di atas, pandemi corona.
ADVERTISEMENT

Timnas U-16 Indonesia

ADVERTISEMENT
Ada dua event yang dijalani Timnas U-16 di 2021. Salah satunya yakni Piala Asia U-16.
Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 Marcell Januar Putra (kedua kanan) dan Kadek Arel Priyatna (kanan) usai melawan Timnas China U-16 pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pemain Timnas U-16 Indonesia di Kualifikasi Piala U-16 2020, di Stadion GBK, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Di ajang ini, AFC berencana akan menggulirkan event di tengah tahun. Namun demikian, belum ada putusan terkait waktunya.
Pun dengan Piala AFF U-16. Di ajang kompetisi sepak bola junior se-Asia Tenggara ini, Timnas U-16 juga berpartisipasi. Hanya, AFF belum memberikan waktu penyelenggaraannya.

Timnas Indonesia Wanita Senior

Belum ada agenda resmi yang akan diikuti Timnas Indonesia Wanita. Semula, Srikandi Garuda akan berlaga di Piala AFF 2020. Tapi, karena pandemi, lagi-lagi event tersebut gagal dihelat.
Timnas Wanita Indonesia. Foto: Instagram @pssi__fai
Timnas Wanita Indonesia Foto: Alan Kusuma/kumparan
Di tahun depan, AFC sebetulnya sudah merilis jadwal sementara untuk kompetisi sepak bola wanita yakni Piala Asia dan Piala Dunia. Hanya, belum diketahui partisipan Timnas Indonesia Wanita.
ADVERTISEMENT

Timnas U-16 dan U-19 Wanita Indonesia

Sama seperti Timnas Indonesia Wanita Senior, Timnas U-16 dan Timnas U-19 akan berlaga di Piala AFF 2020. Hanya, agenda mesti gagal terlaksana.
Ekspresi Kapten Timnas Wanita, Ade Mustikiana, setelah kekalahan dari Korea Selatan. Foto: Zabur Karuru/Antara/INASGOC
Untuk tahun depan, AFC juga sudah merilis jadwal sementara Piala Asia dan Piala Dunia Wanita untuk Timnas U-16 dan Timnas U-19 Wanita. Event tersebut akan terselenggara pada Februari dan Maret 2021.

Timnas Futsal Indonesia

Dua agenda akan dijalani Timnas Futsal Indonesia dan Timnas U-20 di 2021. Pertama, para tim senior akan mentas di Piala Asia pada 14 hingga 25 Juni 2021.
Timnas futsal Indonesia berhasil menang usai lawan Australia di laga terakhir Grup B Piala AFF Futsal 2019, Rabu (23/10/2019). Foto: Dok. Federasi Futsal Indonesia
Timnas futsal Indonesia saat menghadapi Vietnam di Piala AFF Futsal 2019, Selasa (22/10/2019). Foto: Dok. Federasi Futsal Indonesia
Kemudian yang kedua, jika lolos ke empat besar Piala Asia, Timnas Futsal Indonesia akan berlaga di Piala Dunia Futsal di Lithuania September 2021.
ADVERTISEMENT
Timnas Futsal Indonesia juga membuka peluang untuk tampil di Piala Dunia Futsal di tahun berikutnya. Mereka terlebih dahulu akan mengikuti Kualifikasi Piala Dunia Futsal pada Oktober 2021.

Timnas Futsal U-20 Indonesia

ADVERTISEMENT
Timnas Futsal U-20 akan mentas di Piala Asia pada 22 hingga 30 Mei 2021. Setelahnya, sama seperti Timnas Futsal Senior, jika mampu lolos ke empat besar, mereka akan mentas di Futsal Piala Dunia U-20 pada 2022.

Timnas Beach Soccer Indonesia

Pandemi corona lagi-lagi menjadi hambatan menjalani pertandingan. Mestinya, di tahun ini Timnas Beach Soccer Indonesia berlaga di Piala AFF 2020.
PSSI sendiri memberikan target untuk Timnas Beach Soccer untuk bisa tembus babak final. Sejumlah persiapan bahkan sudah digodok yakni dengan rencana pemusatan latihan di luar negeri, tapi gagal terealisasi karena COVID-19.
ADVERTISEMENT
---