Hasil Liga Europa: Menang 4-1, Shakhtar Susul Inter dan MU ke Semifinal

12 Agustus 2020 3:52 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Selebrasi pemain Shakhtar Donetsk, Moraes saat melawan Basel. Foto: Wolfgang Rattay/Reuters
zoom-in-whitePerbesar
Selebrasi pemain Shakhtar Donetsk, Moraes saat melawan Basel. Foto: Wolfgang Rattay/Reuters
ADVERTISEMENT
Shakhtar Donetsk berhasil mengalahkan FC Basel dalam babak perempat final Liga Europa 2019/20. Bertanding di Veltins-Arena, Jerman, Shakhtar menang dengan skor 4-1 pada Rabu (12/8) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Gol-gol Shakhtar tercipta via Junior Moraes (2'), Taison (22'), Alan Patrick (75'), dan Dodo (88'). Sementara gol pelipur lara Basel dicetak oleh Ricky van Wolfswinkel (90'+2).
Kemenangan ini membawa Shakhtar masuk ke babak semifinal Liga Europa 2019/20. Mereka akan menghadapi Inter Milan yang mencapai babak itu setelah menang 2-1 atas Bayer Leverkusen, Selasa (11/8).
Marlos (kiri) berduel dengan Omar Alderete (kanan) dalam laga Shakhtar vs FC Basel di Liga Europa 2019/20. Foto: WOLFGANG RATTAY / POOL / AFP
Shakhtar bermain dengan skema 4-2-3-1. Moraes diturunkan sebagai penyerang tunggal kemudian ada trio Marlos Bonfim, Alan Patrick, dan Taison yang siap mengirim bola dari belakang.
Basel meladeni formasi 4-3-3. Valentin Stocker (c), Arthur Cabral, dan Afimico Pululu menjadi ujung serangan. Mereka dibantu Fabian Frei dan Taulant Xhaka cs. dari lini tengah.
Basel dikagetkan dengan gol cepat Shakhtar. Adalah Moraes yang sukses membawa Shakhtar unggul di menit ke-2. Ia bisa mencetak gol setelah menyundul bola kiriman Marlos.
ADVERTISEMENT
Alih-alih mengejar, Basel malah kebobolan lagi. Kali ini giliran Taison yang bikin gol lewat sundulannya. Lagi-lagi Marlos yang jadi arsitek gol itu lewat umpan kirimannya.
Unggul dua gol membuat Shakhtar di atas angin. Mereka banyak menguasai bola dan sempat mendapat kesempatan untuk menambah gol.
Namun begitu, Basel tetap berkonsentrasi dan bermain apik agar gawang mereka tidak kebobolan lagi. Alhasil, skor 2-0 bertahan sampai turun minum.
Pertandingan antara Shakhtar Donetsk vs Basel. Foto: Lars Baron/Reuters
Kedua tim kembali beraksi di babak kedua. Shakhtar berusaha menambah keunggulan, sementara Basel tak patah arang untuk mengejar ketinggalan.
Aksi saling serang terus terjadi, masing-masing sempat mendapat sejumlah kesempatan emas untuk bikin gol. Tetapi, kebuntuan baru pecah di menit 75.
Shakhtar lagi-lagi bikin gol. Kali ini mereka menambah keunggulan lewat titik putih. Patrick yang dipercaya jadi algojo sukses melakukan tugasnya dengan baik.
ADVERTISEMENT
Menjelang akhir laga, gawang Basel kembali bobol. Dodo berhasil mencetak gol keempat Shakhtar berkat kerja sama cantik dengan Tete.
Empat menit berselang, Basel akhirnya bisa membuat gol. Adalah Van Wolfswinkel yang berhasil mencetak gol di menit 90+2. Skor 4-1 bertahan sampai pertandingan selesai.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.