Hasil Liga 1: Drama Kartu Merah Menit Akhir, PSM Imbang dengan Persis

29 September 2022 17:56 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pesepak bola Persis Solo Althaf Indie Alrizky (kiri) berusaha merebut bola dari pesepak bola PSM Makassar Safrudin Tahar (kanan) pada pertandingan Liga 1 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022). Foto: Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Pesepak bola Persis Solo Althaf Indie Alrizky (kiri) berusaha merebut bola dari pesepak bola PSM Makassar Safrudin Tahar (kanan) pada pertandingan Liga 1 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022). Foto: Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PSM Makassar gagal meraup tiga poin pada pekan ke-11 Liga 1 2022/23. Melawat ke Stadion Manahan, ‘Juku Eja’ diimbangi tuan rumah Persis Solo dengan skor 1-1, Kamis (29/9).
ADVERTISEMENT
Persis unggul lebih dulu melalui gol yang dilesakkan Irfan Jauhari di menit 22. PSM menyamakan kedudukan di menit 43 melalui Kenzo Nambu.
Adapun Persis harus bermain dengan 10 orang di menit 87 usai Jaimerson Xavier mendapat kartu merah usai melanggar Yuran Fernandes.
Bagi PSM, hasil imbang ini membuat mereka gagal mengudeta Madura United di pucuk klasemen. PSM berada di urutan kedua dengan 22 poin dan terpaut satu poin dengan Madura United.

Susunan Pemain

Persis: Gianluca Pandeynuwu, Gavin Kwan Adsit, Andri Ibo, Fabiano Beltrame, Abduh Lestaluhu, Shulton Fajar, Alfath Faathier, Ryo Matsumura, Alexis Messidoro, Irfan Jauhari, Samsul Arif
PSM: Reza Arya, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar, Yance Sayuri, Dzaky Asraf, Muhammad Arfan, Ricky Pratama, Rizky Eka Pratama, Kezo Nambu, Everton Nascimento
ADVERTISEMENT

Jalannya Pertandingan

Pesepak bola PSM Makassar Safrudin Tahar (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persis Solo Alexis Nahuel Messidoro (kanan) pada pertandingan Liga 1 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022). Foto: Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO
PSM Makassar tampil menekan pada awal babak pertama. Salah satu peluang datang di menit 9 melalui tandukan Everton Nascimento. Sayang, upayanya masih melambung di atas mistar gawang Persis Solo.
Persis tak berdiam diri. Sejumlah upaya juga dilakukan oleh tuan rumah. Pada menit ke-22, upaya tersebut membuahkan hasil. Berawal dari counter attack, Persis berhasil menggetarkan jala gawang PSM melalui tendangan Irfan Jauhari di kotak penalti.
Pada menit ke-31, gawang Persis mendapat ancaman dari Rizky Eka. Beruntung, Gianluca Pandeynuwu berhasil menangkap upaya tembakan Rizky Eka dari luar kotak penalti.
Meski sudah unggul, Persis tak hentinya melancarkan serangan. Salah satunya melalui Ryo Matsumura di menit 40. Penetrasinya berhasil membuat lini pertahanan PSM kewalahan. Sayang, upayanya dapat digagalkan bek ‘Juku Eja’.
ADVERTISEMENT
Tiga menit berselang, PSM berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari set piece ke kotak penalti, Everton Nascimento menyambar bola tersebut dengan tandukan dan mengarahkan ke Kenzo Nambu yang berada di sisi lain. Kemudian, Kenzo Nambu menyontek umpan tersebut yang berbuah menjadi gol. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.
Sejumlah pesepak bola Persis Solo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang PSM Makassar pada pertandingan Liga 1 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022). Foto: Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO
Jual beli serangan tersaji di awal babak kedua. Namun, hingga menit ke-55, baik Persis dan PSM tak mampu menceploskan bola ke gawang.
Serangan bertubi-tubi dari Persis hampir saja membuahkan hasil di menit 60. Ada umpan terobosan ke Samsul Arif yang berdiri kosong. Namun, upaya tersebut dapat dihalau oleh kiper PSM, Reza Arya.
Pada menit ke-75, Persis kembali melancarkan ancaman. Ryo Matsumura melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Sayang, bola mengarah langsung ke kiper PSM, alhasil bola dapat ditangkap dengan mudah.
Duel antara pemain Persis vs PSM. Foto: Instagram/@persisofficial
Drama tersaji jelang babak kedua berakhir. Persis harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-87. Pemain pengganti, Jaimerson Xavier, diusir wasit karena terlibat insiden dengan bek Yuran Fernandes.
ADVERTISEMENT
Jadi, kedua pemain tengah saling berjaga satu sama lain di kotak penalti PSM. Kemudian, Jaime melepaskan penjagaan tersebut dan mengayunkan tangannya yang mengarah ke wajah Yuran. Wasit lalu memberikan kartu merah langsung ke Jaime.
Di sisa laga, kedua tim silih berganti melakukan serangan. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak kedua, tak ada gol yang tercipta. Skor 1-1 menutup pertandingan.