Granit Xhaka, pemain Arsenal (16:9)

Granit Xhaka Pikir Dua Kali kalau Ditawari Jadi Kapten Arsenal Lagi

24 Februari 2020 19:48 WIB
comment
88
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Aksi Granit Xhaka di laga Arsenal vs Manchester United. Foto: REUTERS/Toby Melville
zoom-in-whitePerbesar
Aksi Granit Xhaka di laga Arsenal vs Manchester United. Foto: REUTERS/Toby Melville
ADVERTISEMENT
Granit Xhaka tak akan buru-buru setuju kalau ditawari jadi kapten Arsenal lagi. Pasalnya, ada beberapa kejadian, yang menurut Xhaka, memberatkan dirinya serta keluarganya saat ia menjadi kapten Arsenal.
ADVERTISEMENT
Jabatan kapten Arsenal Xhaka dicopot pada November 2019. Waktu itu, Pierre-Emerick Aubameyang ditunjuk sebagai pengganti Xhaka.
Pencopotan dilakukan setelah Xhaka bermasalah dengan suporter Arsenal di laga Arsenal vs Crystal Palace, akhir Oktober 2019.
Di laga itu, Xhaka marah setelah mendapatkan cemooh dari suporter Arsenal. Pria asal Swiss itu geram, lalu melempar ban kaptennya, dan melontarkan sumpah-serapah ke arah suporter.
Setelah kejadian itu, Xhaka sempat absen lumayan lama dari skuat Arsenal. Dia baru kembali bermain pada akhir November 2019 saat Arsenal menghadapi Eintracht Frankfurt di kancah Liga Europa.
"Jika suatu hari klub meminta saya kembali jadi kapten, saya perlu pikir dua kali sebelum melakoni jabatan itu lagi," kata Xhaka, seperti dilansir Sky Sports.
ADVERTISEMENT
"Ada momen di mana menjadi kapten membuat saya dan keluarga berada dalam kondisi yang tidak mudah. Saya harap orang-orang bisa memahami hal ini," tambah dia.
Granit Xhaka, pemain Arsenal. Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs
Walau begitu, Xhaka sempat kembali mengenakan ban kapten setelah dicopot dari posisinya itu. Itu terjadi saat Arsenal ditahan imbang Crystal palace pada Januari 2020 lalu.
Xhaka sendiri mengaku dirinya tak ingin mengenakan ban kapten di laga itu. Namun, ia akhirnya luluh setelah dipaksa rekan-rekan satu timnya.
"Saya menyadari bahwa dengan dan tanpa ban kapten saya tetap bisa berkontribusi pada tim," ujar Xhaka.
"Waktu itu [saat Arsenal vs Crystal Palace] saya sempat menolak ban kapten, tetapi Sokratis [Papastathopoulos] dan David [Luiz] mendesak agar saya memakainya," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Xhaka sendiri nyaris pindah dari Arsenal ke Hertha Berlin pada bursa transfer musim dingin 2020. Namun, manajer baru Arsenal, Mikel Arteta, sukses membuatnya bertahan hingga sekarang.
----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.
Bagi yang mau nonton langsung siaran liga Inggris bisa ke MolaTV dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer bisa cek list schedule-nya di SSCornerID.
Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten