Gol Tunggal Carles Perez Bawa AS Roma Kandaskan Gent

21 Februari 2020 5:10 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Selebrasi gol ara pemain Roma. Foto: Tiziana FABI / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Selebrasi gol ara pemain Roma. Foto: Tiziana FABI / AFP
ADVERTISEMENT
AS Roma berdiri gagah di Olimpico, Jumat (21/2/2020) dini hari WIB. Mereka sukses membuat KAA Gent bertekuk lutut usai dikalahkan dengan skor 1-0 pada gelaran Liga Europa leg pertama babak 32 besar.
ADVERTISEMENT
Publik Roma sudah seharusnya berterima kasih kepada Carles Perez. Rekrutan pada bursa transfer musim dingin itu sukses mencetak gol kemenangan Giallorossi di menit 13.
Ada yang menarik dalam starting line-up Roma kali ini. Ya, tercantum Carles Perez di sana. Ini sekaligus jadi laga debut buat pemain yang dipinjam dari Barcelona itu di pentas Liga Europa.
Untuk sektor ujung tombak, Paulo Fonseca masih menyerahkannya kepada Edin Dzeko. Di belakangnya ada Lorenzo Pellegrini dan Diego Perotti.
Berpindah ke kubu Gent. Tentu saja Laurent Depoitre jadi tumpuan mereka di garda terdepan. Striker berusia 34 tahun itu berstatus sebagai topskorer tim lewat torehan 4 golnya di Liga Europa.
Depoitre dibantu gelandang muda asal Kanada, Jonathan David. Sebagai informasi, David tengah on-fire karena tak pernah absen mencetak gol dalam tiga laga terakhirnya di Jupiler League (Liga Primer Belgia).
ADVERTISEMENT
Betul bahwa Roma relatif dominan pada 45 menit pertama ini. Meski demikian, disiplinnya divisi pertahanan Gent juga layak diapresiasi.
Mereka sukses meredam ancaman Roma dari sisi sayap. Khususnya pada sektor yang dihuni Pellegrini dan Perez. Meski di satu sisi, garis pertahanan yang relatif rendah membuat Gent kesulitan untuk melancarkan serangan.
Babak pertama pun jadi milik Roma. Mereka berhasil mengukir gol lewat aksi Perez di menit 13 via serangan balik ciamik.
Gent bermain lebih agresif di babak kedua. Mereka menaikkan garis pertahanan dan intens menyerang sisi tepi pertahanan Roma.
Tak hanya bertumpu pada Depoitre saja, Gent juga memanfaatkan lini keduanya untuk melepaskan tembakan. Buktinya, Vadis Odjidja-Ofoe dua kali mengancam gawang Pau Lopez.
ADVERTISEMENT
Kiper asal Argentina itu layak mendapatkan kredit pada laga ini. Pasalnya, dia sukses meredam sepasang peluang Depoitre.
Fonseca sebenarnya sudah merespons atas tekanan yang diberikan Gent. Henrikh Mkhitaryan dan Justin Kluivert dimasukkan demi memukul balik serangan tim tamu. Akan tetapi hasilnya alpa. Tak ada gol tambahan yang dibuat Roma hingga peluit akhir berbunyi.
Aleksandar Kolarov berduel dengan pemain Gent, Vadis Odjidja. Foto: REUTERS/Alberto Lingria
Meski demikian, hasil ini sudah cukup untuk membuat Roma aman. Dengan keunggulan 1-0, artinya mereka cuma butuh setidaknya hasil imbang pada leg kedua yang bakal dihelat di markas Gent.