Final Piala Gubernur Jatim: Polda Imbau Bonek untuk Tak Ganggu Pemain Persija

19 Februari 2020 15:32 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Konvoi Bonek di Surabaya Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
zoom-in-whitePerbesar
Konvoi Bonek di Surabaya Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta akan bertemu pada final Piala Gubernur Jatim di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (20/2/2020). Laga sarat rivalitas suporter itu menjadi sorotan Polda Jatim sebagai pemegang kewenangan keamanan.
ADVERTISEMENT
Di laga itu, suporter Persija tak diizinkan menonton langsung. Cuma Bonek yang diperbolehkan hadir di stadion. Kondisi itu tentu melahirkan kekhawatiran tersendiri dari pemain Persija.
Tak heran, Kapolda Jatim, Irjen Pol. Luki Hermawan, mengimbau agar Bonek bisa menjadi tamu yang baik dan tak ‘mengganggu’ pemain 'Macan Kemayoran'.
“Bonek boleh menonton langsung dengan catatan tertib menjaga keamanan dan menyiapkan personel membantu aparat keamanan. Sedangkan suporter Persija kami imbau untuk jaga diri dan bergabung di tempat nobar. Siapa pun pemenangnya, mereka (Bonek) harus tetap menjaga situasi,” ujar Luki.
Meski ada instruksi khusus buat Bonek, Polda Jatim juga sudah menyediakan langkah keamanan lain buat penggawa Persija. Kendaraan taktis (rantis) sudah disiapkan untuk membawa skuat asuhan Sergio Farias ke stadion.
ADVERTISEMENT
Namun, Luki menilai itu hanya salah satu alternatif. Sejatinya, ia menginginkan bahwa pemain Persija bisa naik bus seperti biasa.
“Pengamanan dan pengawalan terhadap Persija akan maksimal sesuai SOP (prosedur operasional standar) baik datang sampai pulang. Kami ada protap (prosedur tetap), pakai rantis atau tidak tergantung situasi. Semoga sebagai tuan rumah, Bonek menjamu tamu dengan baik. Ini ‘kan dalam rangka pemanasan untuk liga. Semoga bisa dijaga dengan baik,” kata Luki.