Final Piala Gubernur Jatim: Persija vs Persebaya, Bukan Simic vs Da Silva

20 Februari 2020 12:07 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Gelang Persebaya, Makan Konate (kedua kanan) merayakan gol ke gawang Madura United.  Foto: Dok. Media Persebaya
zoom-in-whitePerbesar
Gelang Persebaya, Makan Konate (kedua kanan) merayakan gol ke gawang Madura United. Foto: Dok. Media Persebaya
ADVERTISEMENT
Adalah wajar bila Marko Simic dan David da Silva mendapat sorotan. Sepanjang gelaran Piala Gubernur Jatim 2020, mereka jadi dua sosok yang paling produktif.
ADVERTISEMENT
Simic sudah mencetak 5 gol buat Persija Jakarta, sedangkan Da Silva telah menjaringkan 3 gol untuk Persebaya Surabaya. Lebih jauh, gol-gol yang mereka cetak adalah gol-gol penting.
Untuk mencatatkannya, kedua pemain tersebut punya cara yang masing-masing berbeda. Simic adalah penyerang dengan arketipe target man sehingga peran pemain lain amat dia butuhkan.
Gol-gol yang dia catatkan kebanyakan berasal dari crossing dan umpan dalam situasi set piece. Dari situ, yang biasa Simic lakukan adalah menyambutnya dengan sundulan.
David Da Silva merayakan gol yang dia cetak ke gawang Arema FC. Foto: dok. Persebaya
Salah satunya saat dia mencetak gol keunggulan Persija atas Persela Lamongan pada babak grup. Kala itu, Simic berhasil menjangkau umpan Riko Simanjuntak meski harus berduel dengan kiper lawan.
Hal demikian amat memungkinkan lantaran dia punya fisik yang mumpuni. Di samping itu, pendekatan taktik Sergio Farias memang mendukung kemampuan Simic.
ADVERTISEMENT
Farias sejauh ini telah menerapkan dua formasi berbeda: 4-3-3 dan 4-1-2-1-2. Berdasarkan dua skema tersebut, pergerakan para pemain di sisi sayap lewat crossing-crossing-nya tampak menonjol.
Terlebih, Persija memang dipenuhi para pemain sayap mumpuni. Selain Riko, masih ada Novri Setiawan hingga bek sayap macam Marco Motta hingga Alfath Fathier.
Pesepak bola Persija Jakarta Marco Simic melakukan selebrasi usai mencetak gol. Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Di sisi lain, Da Silva cenderung memanfaatkan ruang untuk memaksimalkan kecepatannya. Silakan simak gol pertama yang dia cetak ke gawang Arema FC di semifinal.
Penyerang asal Brasil ini melakukan solo run dalam sebuah serangan balik. Dia memanfaatkan jarak antar bek dan gelandang bertahan Persebaya yang begitu renggang.
Namun, laga final Piala Gubernur Jatim 2020 pada Kamis (20/2/2020) sore WIB pada intinya adalah pertemuan antara Persija dan Persebaya, bukan Simic dengan Da Silva.
ADVERTISEMENT
Ada aspek lain di luar keberadaan kedua nama tersebut yang jauh lebih penting untuk disoroti. Walau begitu, tetap saja, kedua tim mesti saling waspada akan dua sosok tersebut.