Enam Hal yang Mungkin Belum Kalian Ketahui soal Marc-Andre ter Stegen

4 Juni 2020 14:24 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Marc-Andre ter Stegen, kiper andalan Barcelona. Foto: La Liga
Marc-Andre ter Stegen, kiper andalan Barcelona. Foto: La Liga
ADVERTISEMENT

Marc-Andre ter Stegen tidak memulai kariernya bersama Barcelona dengan mudah. Ketika dibeli dari Borussia Moenchengladbach pada 2014, kiper asal Jerman itu hanya diplot untuk menjadi deputi bagi Claudio Bravo.

ADVERTISEMENT

Akan tetapi, peran tersebut nyatanya tidak menghambat perkembangan Ter Stegen. Perlahan tapi pasti dia mampu menunjukkan bahwa dia sebetulnya tidak kalah hebat ketimbang Bravo.

Maka, ketika Bravo hengkang ke Manchester City pada 2016, Barcelona tak lagi harus pusing mencari pengganti. Ter Stegen sudah lebih dari siap dan sejak itu dia tak pernah tergantikan di bawah mistar Blaugrana.

Selama empat musim, Ter Stegen mampu menunjukkan bahwa dia adalah kiper yang tepat untuk Barcelona. Tak cuma piawai menghentikan tembakan lawan, pria berambut pirang itu juga mahir membantu serangan.

Read more!

Selama menjadi kiper utama Barcelona, Ter Stegen sudah berhasil meraih enam gelar juara. Dia pun disebut-sebut sudah layak menjadi kiper utama Timnas Jerman menggantikan Manuel Neuer yang sudah menua.

ADVERTISEMENT

Singkat kata, Ter Stegen adalah kiper kelas dunia dan rasanya tak ada penggemar sepak bola yang tidak mengetahui namanya. Akan tetapi, di balik ketenaran itu, ada beberapa hal yang mungkin belum kalian ketahui tentangnya.

Di sini, kumparanBOLA akan menyampaikan enam fakta menarik soal Ter Stegen yang, barangkali, belum pernah kalian dengar.

1) Mengawali Karier sebagai Striker

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, menepis tendangan penalti pemain Valencia. Foto: Reuters/Albert Gea

Ter Stegen saat ini boleh jadi kiper kelas dunia. Akan tetapi, ketika pertama kali masuk akademi Gladbach, dia bermain sebagai penyerang.

Oleh kakeknya, Ter Stegen didaftarkan ke akademi Gladbach saat masih berusia empat tahun. Posisi striker sendiri dijalani Ter Stegen enam tahun lamanya.

Perubahan posisi terjadi ketika Ter Stegen harus menggantikan kiper di timnya yang cedera. Tak dinyana, justru di posisi inilah Ter Stegen akhirnya meraih kesuksesan sebagai pesepak bola.

ADVERTISEMENT

2) Cinta Kota Barcelona Sepenuhnya

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Marc-Andre Ter Stegen merayakan kemenangan Barcelona bersama kawan-kawannya. Foto: Reuters/Sergio Perez

Sudah enam tahun Ter Stegen membela panji Barcelona dan rasa cinta terhadap kota pun telah tumbuh di dalam dadanya. Tak jarang Ter Stegen menikmati suasana kota dengan mengendarai skuter elektriknya maupun dengan transportasi umum.

Ter Stegen sendiri sudah mahir berbahasa Spanyol tetapi dia tak puas sampai di situ. Sebagai wujud kecintaan terhadap Kota Barcelona, dia kini juga tengah belajar bahasa Catalunya.

3) Kental Aroma Belanda

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ter Stegen beraksi di El Clasico. Foto: Reuters/Juan Medina

'Ter Stegen' adalah nama belakang yang tidak lazim ditemukan di Jerman. Sebab, nama tersebut sebetulnya berasal dari negara tetangga, Belanda.

Moenchengladbach, kota tempat Ter Stegen lahir dan dibesarkan, hanya terletak 20 km dari Belanda. Oh, dan istri Ter Stegen, Dani, ternyata juga orang Belanda.

ADVERTISEMENT

4) Belum Pernah Main di Piala Eropa dan Piala Dunia

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Dua kiper Timnas Jerman, Manuel Neuer (kiri) dan Marc-Andre ter Stegen. Foto: AFP/Patrik Stollarz

Yep, percaya tidak percaya, Ter Stegen sama sekali belum pernah turun memperkuat Jerman di Piala Eropa maupun Piala Dunia. Biang keroknya siapa lagi kalau bukan Neuer?

Meski demikian, Ter Stegen sudah berhasil mengumpulkan 24 caps untuk Die Mannschaft. Penampilan-penampilan itu dia bukukan di berbagai laga persahabatan, laga kualifikasi turnamen antarnegara, UEFA Nations League, serta Piala Konfederasi. Di Piala Konfederasi 2017, Jerman keluar sebagai juara.

5) Sudah Bikin Dua Assist Musim Ini

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Tahukah Anda bahwa Marc-Andre ter Stegen punya darah Belanda? Foto: La Liga

Sebelumnya kami sudah bilang bahwa Ter Stegen adalah kiper yang mahir membantu serangan. Ini terbukti dengan dua assist yang sudah ditorehkannya untuk Barcelona pada musim 2019/20.

Assist pertama diberikannya kepada Luis Suarez dalam pertandingan melawan Getafe pada September 2019. Lalu, assist kedua dipersembahkannya untuk Antoine Griezmann di laga kontra Mallorca, Desember 2019.

ADVERTISEMENT

Perlu dicatat, dengan koleksi dua assist, Ter Stegen sudah sejajar dengan Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Arturo Vidal, serta Sergi Roberto.

6) Doyan Nonton 'Money Heist'

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Adegan Serial Money Heist. Foto: Netflix

Maret lalu, La Liga dihentikan untuk sementara karena pandemi virus corona. Karantina wilayah diberlakukan di Spanyol dan para pesepak bola pun ikut terkurung di rumah masing-masing.

Tak ada latihan dan tak ada pertandingan bukan berarti tak ada kegiatan bagi Ter Stegen. Selama 'menganggur', Ter Stegen menghabiskan waktu salah satunya dengan menonton serial 'Money Heist' di Netflix.

'Money Heist' mengisahkan perampokan bank yang pada akhirnya tidak berjalan sesuai rencana. Serial Netflix ini sendiri berasal dari Spanyol dan popularitasnya sudah mendunia. Di Indonesia pun ia amat populer.

ADVERTISEMENT

-----

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.