Emery: Agar Bisa Bersaing di Papan Atas, Arsenal Harus Berkembang

19 Oktober 2018 7:08 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Unai Emery di laga Arsenal vs Manchester City. (Foto: Reuters/John Sibley )
zoom-in-whitePerbesar
Unai Emery di laga Arsenal vs Manchester City. (Foto: Reuters/John Sibley )
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selalu menang dalam sembilan laga beruntun di lintas kompetisi dan kini menempati posisi keempat klasemen sementara Premier League 2018/19, belum membuat kepuasan Unai Emery paripurna atas performa Arsenal.
ADVERTISEMENT
Teraktual, kemenangan beruntun kesembilan The Gunners didapatkan usai melumat Fulham 5-1 di pekan kedelapan Premier League. Para Gooners--sebutan suporter Arsenal--tampak begitu riang di dalam Stadion Craven Cottage lantaran penampilan menawan Mesut Oezil dan kolega.
Namun, Emery tak setuju. Baginya, masih ada banyak aspek yang mesti ditingkatkan Arsenal dalam segi permainan untuk bisa bersaing dengan tim-tim papan atas Premier League. Eks pelatih Sevilla itu pun meminta para suporter dan pemainnya untuk tetap tenang dan tidak kelewat jemawa.
"Saya tidak sepenuhnya setuju dengan respons yang ditunjukkan oleh para suporter. Saya pikir kami masih harus meningkatkan banyak hal. Suporter bisa menikmati momen ini dengan kami. Tapi, kita tetap harus melihat realitas yang ada setiap hari," ujar Emery dilansir ESPN FC.
ADVERTISEMENT
"Kami harus berkembang. Sebagai contohnya ketika melawan Fulham, kami mendapat hasil yang sangat bagus dan bermain apik selama 90 menit. Tapi, pada 45 menit pertama, saya rasa kami bisa bermain lebih baik lagi. Yang terpenting buat saya sekarang adalah tidak terburu-buru," katanya menambahkan.
Emery benar. Sejauh ini Arsenal baru menghadapi Manchester City dan Chelsea sebagai lawan yang terbilang tangguh dan semuanya berakhir dengan kekalahan. Terlebih, Arsenal pun harus bisa membagi fokus karena harus berkompetisi di ajang lain seperti Liga Europa, Piala Liga, dan Piala FA.
Selain itu, Arsenal juga tengah dipusingkan dengan cederanya beberapa pemain seperti Petr Cech dan Sokratis Papastathopoulos. Keduanya dipastikan tidak bisa merumput untuk beberapa pekan ke depan.
ADVERTISEMENT
Agar bisa stabil dan menjaga konsistensi penampilan, Emery mewanti-wanti para pemainya untuk terus menjaga standar permainan di level tertinggi. Harapannya, agar Arsenal bisa masuk ke dalam persaingan berburu gelar juara liga.
Selebrasi Lacazette dan Aubameyang (Foto: REUTERS/Eddie Keogh)
zoom-in-whitePerbesar
Selebrasi Lacazette dan Aubameyang (Foto: REUTERS/Eddie Keogh)
Teraktual, ujian berat untuk Arsenal adalah menghadapi Leicester City pada pekan kesembilan Premier League di Emirates Stadium, Selasa (23/10/2018) dini hari WIB. Jika mampu melewati hadangan Jamie Vardy dan kolega, mental penggawa Arsenal dipastikan bakal meningkat.
"Target kami sekarang sama seperti pertandingan pertama kami di liga. Setelah menang dalam enam laga di Premier League, tidak ada yang berubah. Kami harus tetap tenang karena kami mengalahkan banyak tim yang tampil tidak terlalu bagus," tegasnya.
"Kami harus terus berada di jajaran tim terbaik Premier League. Untuk terus ada di sana, kami harus melakukan banyak hal dengan lebih baik dan mengembangkan banyak aspek lainnya."
ADVERTISEMENT
"Petr Cech mulai membaik dari cedera yang dialaminya, tapi dia belum bisa bergabung dalam latihan bersama rekan-rekannya yang lain. Namun, saya rasa tidak lama lagi dia akan bisa kembali bermain," tutup Emery.