Efek Virus Corona di Italia, Barcelona Diperiksa Sebelum Masuk Naples

24 Februari 2020 17:53 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Jordi Alba dan Lionel Messi saat Barcelona melawan Real Madrid. Foto: JOSE JORDAN / AFP
Jordi Alba dan Lionel Messi saat Barcelona melawan Real Madrid. Foto: JOSE JORDAN / AFP
ADVERTISEMENT

Seluruh personel tim Barcelona dilaporkan harus melakoni pemeriksaan medis begitu tiba di Bandar Udara Napoli-Capodichino, Naples, pada Senin (24/2) waktu Italia. Pemeriksaan tersebut merupakan antisipasi penyebaran virus corona di Italia.

ADVERTISEMENT

Sesuai jadwal, Barcelona akan melakoni leg pertama laga babak 16 besar Liga Champions 2019/20 melawan Napoli di San Paolo pada Rabu (26/2).

Hingga kini, Kota Naples yang ada di Italia Selatan memang belum terdampak. Meski demikian, Kementerian Kesehatan Italia menegaskan bahwa tindakan pemeriksaan medis di seluruh bandara di Italia wajib dilakukan.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan ada pemain atau pelatih yang mengalami demam, orang tersebut harus segera dilarikan ke rumah sakit untuk observasi dan penanganan lebih lanjut.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Selebrasi pemain FC Barcelona usai mencetak gol ke gawang Eibar. Foto: REUTERS / Albert Gea

Tindakan preventif ini menyusul lonjakan penderita virus corona di Italia. Tak cuma pemeriksaan medis wajib, Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, juga sudah meminta pertandingan-pertandingan olahraga yang berlangsung di region Veneto dan Lombardy ditunda.

ADVERTISEMENT

Imbas dari kebijakan ini adalah penundaan puluhan laga sepak bola, mulai dari kelas junior, amatir, hingga profesional, termasuk Serie A.

Pertandingan antara Inter Milan dan Ludogorets juga berpotensi terkena imbasnya. Duel leg kedua babak 32 besar Liga Europa 2019/20 itu berhadapan dengan tiga kemungkinan: Ditunda, dipindahkan di venue luar Italia, dan digelar tanpa penonton.

Sesuai jadwal, duel tersebut digelar di Giuseppe Meazza, Milan, pada Jumat (28/2). Milan merupakan kota yang masuk dalam region Lombardy.