Dukung Kritikan terhadap Kelompok Anti-Pemerintah Spanyol, Isco Dicap Jihadis

28 Mei 2020 15:15 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Isco Alarcon merayakan golnya ke gawang Valencia. Foto: REUTERS/Sergio Perez
zoom-in-whitePerbesar
Isco Alarcon merayakan golnya ke gawang Valencia. Foto: REUTERS/Sergio Perez
ADVERTISEMENT
Isco Alarcon jadi objek kontroversi di Madrid. Itu terjadi setelah dia ketahuan me-like foto Rayden di Twitter. Rapper Italia itu mengunggah foto kaus bertuliskan ACAB (All Cayetanos are Bastards) yang merupakan plesetan dari 'All Cops are Bastards'.
ADVERTISEMENT
Begini, Cayetanos adalah kelompok sayap kanan anti-pemerintah yang berbasis di Salamanca, 120 km di barat Madrid. Suara mereka kian lantang di masa pandemi ini.
Mereka mengkritisi kebijakan-kebijakan yang diberlakukan Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez. Sebagai informasi, Sanchez lahir dari Partai Buruh Sosialis Spanyol (PSOE) yang berhaluan kiri.
Isabel Diaz Ayuso, Gubernur Madrid dari Partai Rakyat yang berhaluan ekstrem kanan, bahkan menuduh pemerintah pusat berusaha mengambil keuntungan dalam krisis ini. Ayuso sendiri terbilang vokal dalam mengkritik kebijakan rezim Sanchez.
Nah, tentu saja, Isco menuai kritikan karena 'menyukai' anggapan 'All Cayetanos are Bastards' itu tadi. Dia sekarang berafiliasi dengan Real Madrid yang merupakan simbol Kota Madrid sekaligus konservatisme Spanyol.
Warga Madrid, Spanyol, di tengah wabah virus corona. Foto: Reuters/Susana Vera
Alfonso Ussia, jurnalis senior di Madrid, dengan gamblang mengatakan bahwa Isco mesti angkat kaki dari Real Madrid. Dia juga mendesak Presiden Real Madrid, Florentino Perez, untuk menaruh eks gelandang Malaga itu ke daftar transfer.
ADVERTISEMENT
Ussia sampai memakai ad hominem untuk menyerang Isco. Dia menyentil fisik Isco yang kini berjenggot lebat dan mengaitkannya dengan stigma teroris.
"Pria kecil dan aneh dengan jenggot seperti jihadis ini tidak layak untuk melanjutkan kariernya di Real Madrid," kata Ussia, dilansir Marca.
Isco saat membela Timnas Spanyol. Foto: Reuters/Juan Medina
Sebenarnya, Isco bukan satu-satunya pemain yang kontra dengan Cayetanos. Esteban Granero dan Raul Albiol adalah beberapa pemain yang menunjukkan posisi politiknya di sayap kiri. Menariknya, dua pemain itu sama-sama pernah berseragam Real Madrid.
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!