Premier League

Demi Hindari Pemotongan Nilai Hak Siar, Premier League Ingin Lanjutkan Kompetisi

31 Maret 2020 17:11 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Trofi Premier League. Foto: Ben STANSALL / POOL / AFP
ADVERTISEMENT

Daily Mail melaporkan bahwa pihak Premier League berambisi untuk kembali menggulirkan kompetisi musim ini pada bulan Mei. Rencananya, musim ini bakal berakhir pada 12 Juli mendatang.

ADVERTISEMENT

Langkah ini merupakan cara pihak Premier League supaya harga hak siar musim ini tak turun. Sebagai informasi, hak siar Premier League dimiliki Sky Sports dan BT Sport. Kedua stasiun televisi ini ingin Premier League musim ini berakhir paling lambat 16 Juli.

Jika ini urung terwujud, Sky Sports dan BT Sport bakal meminta pemotongan nilai hak siar hingga 762 juta poundsterling (sekitar Rp15,4 triliun). Premier League sendiri punya kontrak 3 miliar poundsterling (sekitar Rp60 triliun) per tahun bersama kedua stasiun televisi tersebut.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Premier League (Ilustrasi) Foto: Reuters/Tony O'Brien

Desakan kedua stasiun televisi ini tentu bisa dimaklumi. Dengan terhentinya kompetisi, angka pelanggan mereka pun turun drastis. Di lain sisi, keputusan ini bisa pula berdampak ke finansial klub.

ADVERTISEMENT

Harus diingat, klub-klub Premier League berhak mendapatkan potongan dana hak siar. Meski tak dibagi rata, angkanya tinggi.

Sang jawara mendapatkan 57 juta poundsterling, sementara tim yang berada di posisi paling bawah masih bisa menerima 20 juta poundsterling. Uang dengan jumlah segini tentu bisa meringankan kerugian finansial klub akibat kompetisi yang terhenti.

Soal wacana menggulirkan kompetisi pada Mei nanti, pihak Premier League berencana mendiskusikannya dengan perwakilan dari 20 tim Premier League pada Jumat (3/4/2020) mendatang.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Pemain Liverpool, Andrew Robertson, mengawal pemain Manchester City, Bernardo Silva. Foto: Reuters/Phil Noble

Selain dukungan dari pihak klub, Premier League membutuhkan izin dari pihak pemerintah, Badan Layanan Kesehatan Inggris (NHS), dan Asosiasi Pesepak Bola Inggris (PFA). Jika dikabulkan, ada peluang laga Premier League digelar tanpa penonton.

Oh, ya, in case you missed it, Premier League ditangguhkan hingga 30 April karena virus corona. Mengacu informasi terkini, sudah ada 22.141 kasus dan 1.408 pasien dinyatakan meninggal dunia karena penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini.

ADVERTISEMENT

===

kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!

===

Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi uang tunai Rp50.000.000. Buruan daftar di sini.

Ini adalah rumah dan tempat berinteraksi para fans Liga Inggris di kumparan. Jangan lupa subscribe agar dapat update informasi terbaru soal jadwal dan ulasan serta peluang memenangkan tiket gratis nonton Premier League langsung di Inggris.