Coppa Italia: Gol Tunggal Insigne Bawa Napoli Bekuk Lazio

22 Januari 2020 5:26 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain Napoli tersenyum. Foto: Dok. Media Napoli
zoom-in-whitePerbesar
Pemain Napoli tersenyum. Foto: Dok. Media Napoli
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Napoli meraih hasil maksimal dalam babak perempat final Coppa Italia 2019/20. Menjamu Lazio di Stadion San Paolo, Rabu (22/1/2020) dini hari WIB, Napoli menang 1-0.
ADVERTISEMENT
Gol-gol di laga ini dicetak Lorenzo Insigne ('2) untuk Napoli. Kemenangan ini membawa Napoli melaju ke babak semifinal Coppa Italia.
***
Napoli turun dengan para pemain inti. Jose Callejon, Arkadiusz Milik, dan Lorenzo Insigne di depan, diapit Diego Demme, Stanislav Lobotka, dan Piotr Zielinski di tengah. Lini belakang dikomandoi oleh Kostas Manolas dan Elseid Hysaj.
Lazio juga melakukan hal serupa. Ciro Immobile dan Felipe Caicedo di depan, ditemani Lucas Leiva, Sergej Milinkovic-Savic, serta Marco Parolo di tengah. Lini pertahanan dipimpin oleh trio Francesco Acerbi, Stefan Radu, dan Luiz Felipe.
Napoli langsung menggebrak di awal pertandingan. Mereka bahkan langsung mencetak gol pada menit 2 via sepakan Insigne, yang mampu menerobos kotak penalti Lazio. Skor berubah 1-0.
ADVERTISEMENT
Lazio sebenarnya memiliki kesempatan untuk menyamakan angka delapan menit berselang. Immobile ditunjuk menjadi eksekutor penalti, setelah Hysaj dianggap melanggar salah seorang pemain Lazio.
Namun, Immobile gagal menjalankan tugas dengan baik. Napoli masih unggul atas Lazio. Situasi jadi semakin berat bagi Lazio manakala Lucas Leiva harus mendapatkan kartu merah pada menit 25, setelah dianggap terlalu ofensif terhadap wasit.
Kegagalan penalti Lazio, plus kartu ini membuat Napoli bermain lebih nyaman. Mereka pun kembali menekan Lazio dengan intens. Insigne masih menjadi motor serangan Napoli di laga ini, berpadu dengan Callejon dan Milik.
Di sisi lain, Lazio berusaha untuk bangkit di tengah situasi sulit. Immobile masih mencoba untuk menciptakan peluang untuk Lazio, ditemani oleh para pemain tengah yang tersisa, seperti Milinkovic-Savic dan Parolo.
Pemain Napoli dan Lazio berduel. Foto: Dok. Media Napoli
Namun, di sisa waktu babak pertama, Lazio urung menyamakan kedudukan. Sementara itu, Napoli juga gagal menambah angka. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Napoli tetap bertahan sampai babak pertama tuntas.
ADVERTISEMENT
Memasuki babak kedua, beberapa pergantian dilakukan oleh kedua tim. Lazio memasukkan Joaquin Correa, Patric, serta Jony. Napoli memasukkan Eljif Elmas dan Fabian Ruiz. Pergantian yang dilakukan ini membawa perubahan bagi kedua tim.
Lazio mulai menekan balik Napoli di babak kedua ini. Pergerakan para pemainnya jadi lebih hidup. Mereka bahkan sempat mencetak gol pada menit 63, sebelum akhirnya wasit menganulir gol itu karena ada pemain Lazio yang dianggap offside.
Namun, Lazio kesulitan membobol gawang Napoli. Pasalnya, Napoli sudah mampu bermain lebih seimbang. Pergantian yang dilakukan oleh Gennaro Gattuso memang bertujuan untuk menjaga keseimbangan permainan Napoli.
Di sisi lain, Napoli juga kesulitan menambah angka, karena mereka lebih memilih untuk memfokuskan diri di lini pertahanan. Terkadang, Milik kerap bekerja sendirian di lini depan, tanpa sokongan dari pemain depan yang lain atau pemain tengah.
ADVERTISEMENT
Lazio sebenarnya banyak mendapat kesempatan mencetak angka di sisa waktu babak kedua ini. Immobile mendapat peluang pada menit 84. Sayang, peluang ini gagal ia maksimalkan.
Tidak hanya itu, Lazio juga sempat mencetak gol pada menit 90. Namun, gol ini dianulir wasit karena ada pemain Lazio yang dianggap sudah offside terlebih dahulu, setelah wasit meninjau lewat VAR.
Hasilnya, sampai babak kedua usai, skor 1-0 untuk Napoli tetap bertahan. Mereka pun jadi tim pertama yang melenggang ke babak semifinal Coppa Italia.