Cerita Robin van Persie soal Gaya Kepemimpinan Sir Alex Ferguson yang Galak

31 Maret 2020 17:38 WIB
comment
7
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sir Alex Ferguson menghadiri pertandingan Manchester United. Foto: AFP/Oli Scarff
zoom-in-whitePerbesar
Sir Alex Ferguson menghadiri pertandingan Manchester United. Foto: AFP/Oli Scarff
ADVERTISEMENT
Sir Alex Ferguson itu galak. Begitulah Robin van Persie mengingat mantan pelatihnya di Manchester United.
ADVERTISEMENT
Ingatan Van Persie tidak salah. Sir Alex memang punya reputasi tegas dan galak. Akan tetapi, ada satu kejadian yang membuat mantan penyerang Arsenal itu tak akan melupakan Sir Alex.
Waktu itu Premier League musim 2012/13. United menjamu Manchester City di Old Trafford dengan keunggulan 15 poin. Namun, The Red Devils malah kalah dari tetangganya itu.
"Dia mengetahui kapan harus bertindak, kapan harus mendisiplinkan skuat," ucap Van Persie, dilansir Goal International.
"Waktu itu kami kalah dari City dan masih unggul 12 poin di klasemen. Kebanyakan manajer tak akan terlalu memikirkan hal itu."
"Akan tetapi, pak bos murka gara-gara ada dua orang dari tim yang pergi berpesta setelahnya. Dia memajang foto dua pemain itu di ruang ganti dan bilang ke semua 'kalau kita tak menang titel, itu gara-gara dua orang brengsek ini yang pergi pesta'," lanjutnya.
Sir Alex Ferguson tertawa dalam sebuah sesi latihan Manchester United. Foto: AFP/Paul Ellis
Van Persie sendiri tak menyebut nama dua pemain itu. Ia menambahkan kalau Sir Alex menjadikan keduanya sebagai contoh untuk mendisiplinkan tim.
ADVERTISEMENT
"Sir Alex bilang 'kalian semua dengarkan baik-baik, kalau kita tidak menang titel itu semua karena dua orang ini pergi berpesta. Mulai sekarang, kalau saya lihat ada pemain yang pesta sebelum kita angkat trofi, pemain itu keluar dari tim. Saya tidak peduli kamu itu siapa dan berapa trofi yang telah kamu raih'," ucap Van Persie mengulang ucapan Sir Alex.
"Setelah ceramah itu kami pergi latihan. Itu menjadi salah satu latihan terberat yang pernah saya lakukan dalam hidup saya. Bayangkan unggul 12 poin di tabel klasemen dan itu reaksi dia," kenang Van Persie.
Robin van Persie saat bersergam Manchester United. Foto: ANDREW YATES / AFP
Untungnya, United berhasil memenangi titel Premier League di musim itu. Van Persie sendiri mencetak 26 gol Premier League di musim itu.
ADVERTISEMENT
Adapun, Sir Alex memutuskan untuk pensiun di akhir musim 2012/13. Sedihnya, sejak Sir Alex pensiun, United masih belum bisa kembali memenangi Premier League.
----
*kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
----
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi uang tunai Rp50.000.000. Buruan daftar di sini.