Bundesliga: Mampukah Leverkusen Hentikan Catatan Apik Bayern Muenchen?

5 Juni 2020 14:21 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Para pemain Bayern Leverkusen merayakan gol Kai Havertz ke gawang Borussia Moenchengladbach. Foto: Ina Fassbender/Pool via REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Para pemain Bayern Leverkusen merayakan gol Kai Havertz ke gawang Borussia Moenchengladbach. Foto: Ina Fassbender/Pool via REUTERS
ADVERTISEMENT
Partai akbar akan tersaji dalam pekan 30 Bundesliga 2019/20. Bayer Leverkusen menjamu Bayern Muenchen di Bay Arena, Sabtu (6/5/2020) malam WIB.
ADVERTISEMENT
Jika menilik papan klasemen, Bayern jelas unggul atas Leverkusen. Saat ini, mereka bertengger di puncak klasemen dengan raihan 67 poin, berselisih 11 poin dengan Leverkusen yang berada di posisi kelima.
Tidak cuma itu, dalam empat laga terakhir di Bundesliga, Bayern sama sekali tidak tersentuh oleh lawan-lawannya. Mereka menyapu empat laga itu dengan kemenangan, termasuk hasil positif atas Borussia Dortmund di pekan ke-28
Melihat torehan ini, menghentikan Bayern tentu bukan pekerjaan mudah bagi Leverkusen. Namun, mereka tetap memiliki peluang untuk meraih hasil positif atas Bayern. Apalagi, mereka juga punya catatan apik kala bersua Bayern.
Bayern Muenchen vs Bayer Leverkusen. Foto: ANDREAS GEBERT/Reuters.
Per WhoScored, Leverkusen ternyata mampu meraih dua kemenangan dalam dua pertemuan terakhir mereka dengan Bayern di ajang Bundesliga. Malah, pada November 2019 lalu, Leverkusen sanggup menundukkan Bayern 2-1 di Allianz Arena.
ADVERTISEMENT
Selain itu, catatan Leverkusen dalam empat laga terakhir juga terbilang baik. Mereka berhasil membukukan tiga kemenangan dan sekali kalah. Mereka bahkan mampu menundukkan Borussia Moenchengladbach dengan skor 3-1 pada pekan ke-27.
Selain perkara catatan yang apik, Leverkusen juga punya talenta-talenta yang siap mengancam pertahanan Bayern. Bicara talenta, tentu kita tidak bisa mengesampingkan sosok Kai Havertz.
Sejauh ini, Havertz menjadi pencetak gol terbanyak bagi Leverkusen dengan torehan 11 gol. Menariknya lagi, 5 dari 11 gol itu dicetak dalam empat laga terakhir, mencerminkan bahwa saat ini ia adalah ancaman bagi pertahanan lawan.
Pemain Bayer Leverkusen, Kai Havertz, mengeksekusi tendangan penalti. Foto: Ina Fassbender/Pool via REUTERS
Bukan hanya perkara gol, Havertz juga merupakan inisiator serangan terbaik bagi timnya. Tercatat, ia berhasil membukukan rata-rata 2,1 umpan kunci per laga. Torehan ini merupakan yang tertinggi di antara para pemain Leverkusen.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, tidak hanya Havertz yang menyimpan potensi bahaya bagi Bayern. Sosok Kevin Volland yang sudah mencetak 9 gol, plus Karim Bellarabi dan Moussa Diaby, adalah nama-nama lain yang juga dapat menjadi ancaman bagi Bayern.
Menilik pola serangan Leverkusen, memang mereka memusatkan penyerangan pada sosok Havertz. Namun, Havertz tidak akan mampu bekerja dengan baik tanpa sokongan Bellarabi, Volland, dan Diaby yang memberinya ruang kreasi.
Kombinasi para pemain depan Leverkusen inilah yang kerap jadi momok bagi lawan. Apalagi, Leverkusen juga lihai dalam melakukan serangan balik. Tengok ketika mereka menundukkan Moenchengladbach.
Pada gol pertama dan proses serangan sebelum terjadinya penalti di laga itu, Bayer Leverkusen memeragakan serangan balik yang apik. Jika Bayern Muenchen lengah, kenangan buruk kala ditumbangkan di Allianz Arena bisa saja terulang.
ADVERTISEMENT
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!