Brylian Aldama: Bekal dari Garuda Select Menjadi Modal Bersaing di Eropa

27 Februari 2020 19:12 WIB
Brylian Aldama (kiri), pemain Garuda Select. Foto: Dok. Garuda Select
zoom-in-whitePerbesar
Brylian Aldama (kiri), pemain Garuda Select. Foto: Dok. Garuda Select
ADVERTISEMENT
Brylian Aldama ramai diperbincangkan publik Indonesia. Tampil di dua angkatan Garuda Select, pemain 18 tahun itu terbilang menonjol.
ADVERTISEMENT
Tak heran jika sang gelandang dilirik agensi pemain berlisensi FIFA, Forza Sports Group, yang berasal dari Belanda. Penandatanganan kontrak dengan agensi tersebut dilakukan pada Senin (24/2/2020) di Kompleks Aston University, Birmingham, Inggris.
Bila jadi berlabuh ke salah satu klub Eropa, Brylian menjadi pemain pertama dari Garuda Select yang mencicipi bermain di klub Benua Biru.
Perlu diketahui, agensi yang menaungi Brylian tak main-main. Forza Sports Group mewakili banyak pemain top dunia, semisal David Neres, Lassina Traore (Ajax), Siem De Jong (pemain Ajax yang baru pindah ke FC Cincinnati), Lieke Martens, dan Danielle Van De Donk (pemain Timnas wanita Belanda).
Bagi Brylian, kesempatan ini membuatnya termotivasi. Ia mengaku tak sedikit pun takut dengan persaingan di Eropa.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, menurut Brylian, tempaan di Garuda Select menjadi modal berharga menghadapi persaingan ketat tersebut.
“Kami dibekali pembelajaran tentang bagaimana menghadapi pemain-pemain dengan postur yang lebih besar. Artinya, kami harus punya kesiapan fisik yang mumpuni. Setiap pekannya kami berlatih di pusat kebugaran. Namun, yang terpenting ialah bagaimana bisa berkomunikasi dengan lancar di dalam lapangan,” kata pemain yang pernah menjadi kapten Timnas U-16 Indonesia itu.
Brylian juga tak bisa menutupi rasa bahagianya. Meski demikian, pemain 18 tahun itu tengah harap-harap cemas klub mana yang akan menggaet dirinya.
“Saya berharap semua materi (dari Garuda Select) itu bisa berguna sebagai bekal selama berkarier di Eropa. Meski begitu, tentu masih banyak yang harus saya pelajari. Bagi saya, bisa berkarier di luar negeri itu sudah merupakan sebuah kebanggaan,” ujar Brylian.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari itu, publik rasanya perlu mengetahui bahwa Brylian tak melewati semua tahapan program Garuda Select untuk sampai ke penandatanganan kontrak dengan Forza Sports Group. Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, menilai Brylian layak mendapat akselerasi atau percepatan.
Seperti diketahui, dalam tahapan pertama Garuda Select ialah menjalankan proses pengamatan potensi perkembangan. Tahap berkitunya ialah pematangan persiapan untuk bermain di klub Eropa.
Brylian Aldama (kiri) saat menjalani pertandingan bersama Garuda Select. Foto: Dok. PSSI
Ketiga, penggawa Garuda Select yang dianggap berpotensi akan dititipkan ke salah satu klub untuk belajar beradaptasi di lingkup klub profesional yang masih dalam pantauan Dennis Wise.
Tahap keempat, pemain yang layak tampil di klub Eropa akan dipinjamkan untuk ikut kompetisi. Harapannya, penggawa Garuda Select bisa bersaing dengan pemain profesional lainnya.
ADVERTISEMENT
Terakhir, pemain yang sudah melewati empat tahap itu benar-benar dilepas untuk berjuang sendiri di klub profesional Eropa.
“Brylian sendiri tak perlu melewati tahap ketiga,” ujar Dennis Wise.