Brace Alonso Bawa Chelsea Raih Tiga Poin Pertama Musim Ini

21 Agustus 2017 0:01 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Alonso, pahlawan Chelsea malam ini. (Foto: Reuters/Andrew Couldridge)
zoom-in-whitePerbesar
Alonso, pahlawan Chelsea malam ini. (Foto: Reuters/Andrew Couldridge)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Chelsea akhirnya berhasil menorehkan kemenangan pertama di musim ini setelah sukses menaklukkan Tottenham Hotspurs dengan skor 2-1 di Wembley, Minggu (20/8) malam WIB. Marcos Alonso jadi aktor kemenangan The Blues lewat dua gol yang dilesakkannya. Sedangkan Spurs hanya mampu membalas via gol bunuh diri yang dicetak Michy Batshuayi.
ADVERTISEMENT
----
Antonio Conte melakukan beberapa perombakan dalam susunan pemainnya. Tiemoue Bakayoko yang didatangkan pada bursa transfer lalu diduetkan dengan N'Golo Kante. Begitu pula dengan Alvaro Morata yang diturunkan sejak menit pertama di laga kali ini.
Sementara Gary Cahill yang mengalami suspensi digantikan oleh Andreas Christensen. Menariknya, kali ini bekas pelatih Juventus itu menerapkan formasi dasar 3-5-1-1 dengan menempatkan David Luiz sebagai geladang tengah.
Sedangkan komposisi skuat di kubu Spurs tak banyak berubah. Mereka masih mengandalkan Harry Kane, Dele Alli, dan Christian Eriksen di lini depan. Kini Mauricio Pochettino juga sudah menurunkan Kieran Trippier yang telah sembuh dari cedera.
Di menit keempat, Morata langsung membahayakan gawang Spurs melalui sundulan kepalanya. Lima menit kemudian giliran The Lilywhites yang mengancam melalui sepakan jarak jauh Kane.
ADVERTISEMENT
Hingga menit ke-20 tuan rumah lebih mengendalikan permainan dengan penguasaan bola sebesar 66%. Kendati lebih inferior, Chelsea berhasil mencuri gol lebih dulu melalui eksekusi tendangan bebas Alonso di menit 24. Sepakan mantan pemain Fiorentina itu melewati pagar betis Spurs dan melengkung ke sisi kiri gawang Hugo Lloris.
Di menit 29, aksi Kane kembali mengancam barisan pertahanan Chelsea. Beruntung, sepakan dari sudut sempitnya masih bisa digagalkan Thibaut Courtois.
Top-skorer Premier League dua musim beruntun itu memang menjadi pemian yang paling kerap menciptakan peluang bagi Spurs. Bahkan, sepakannya di menit 41 hampir saja berbuah gol bila tidak mengenai tiang gawang.
Di 45 menit kedua, tak banyak peluang berbahaya yang tercipta. Buruknya penyelesaian akhir Spurs membuat mereka belum mampu "memecahkan telur". Di satu sisi, Chelsea juga kesulitan mengembangkan permainan. Absennya Eden Hazard jadi alasan utama minimnya aliran bola ke depan.
ADVERTISEMENT
Namun menjelang menit ke-70, pertahanan Spurs cenderung kendur usai Heung-Min Son dan Moussa Sissoko masuk menggantikan Eric Dier serta Ben Davies. Alhasil, The Blues mampu melepaskan tiga tembakan dalam tempo waktu dua menit melalui Morata, Victor Moses, dan Willian.
Tapi malapetaka Chelsea datang di menit 82. Michy Batshuayi yang turun sebagai pengganti Morata malah mencetak gol bunuh diri. Berniat menghalau umpan kiriman Christian Eriksen, pemain asal Belgia itu justru menyundul bola ke gawangnya sendiri.
Alonso memang layak disebut sebagai pahlawan di laga kali ini usai mencetak gol keduanya enam menit berselang. Lesakkan yang sekaligus membawa Chelsea mengakhiri laga dengan kemenangan 2-1.
ADVERTISEMENT