Barito Putera Tolak Lanjutkan Liga 1, Kesehatan Jadi Alasan

28 Mei 2020 18:39 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pelatih Barito Putera, Djajang Nurjaman (kiri) di Stadion Patriot Candrabhaga, Senin (23/9/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Pelatih Barito Putera, Djajang Nurjaman (kiri) di Stadion Patriot Candrabhaga, Senin (23/9/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
ADVERTISEMENT
Asisten Manajer Barito Putera, Ikhsan Kamil, mengusulkan kompetisi Liga 1 2020 tidak dilanjutkan. Tingginya kurva kasus virus corona di Indonesia jadi penyebabnya.
ADVERTISEMENT
''Di daerah kami, grafik COVID-19 juga terus naik setiap harinya. Kami lebih mementingkan kesehatan dan keselamatan orang banyak dibandingkan melanjutkan kompetisi,'' kata Kamil ketika dihubungi jurnalis, Kamis (28/5/2020).
Kamil menyampaikan sikap Barito Putera setelah mengikuti rapat virtual dengan PSSI. Pada rapat yang dilakukan Rabu (27/5) itu, PSSI meminta klub kontestan Liga 1 untuk memaparkan usulan terkait masa depan kompetisi yang tengah ditangguhkan.
Pada rapat tersebut usulan untuk tetap melanjutkan kompetisi dengan sejumlah opsi juga disampaikan. Salah satunya menggelar turnamen, jika kompetisi terpaksa harus disetop.
''Kami juga tak sepakat jika nantinya kompetisi dengan turnamen. Sangat riskan apabila sepak bola masih saja berlangsung tapi penyebaran virus corona masih berlangsung,'' kata Kamil.
''Ditambah lagi kebijakan pemerintah di tiap-tiap daerah berbeda. Jadi kami tetap dengan keputusan awal dengan mengusulkan bahwa Liga 1 dihentikan saja,'' jelasnya.
Pemain Barito Putera berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Borneo di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalimantan Selatan, Kamis (31/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Selain Barito Putera, 11 kontestan Liga 1 lainnya juga sepakat untuk menghentikan kompetisi. Kesebelas klub itu adalah Madura United, Persebaya, PSIS, PSM, Persita, Persela, Bhayangkara FC, Arema FC, Persija, Persik, serta PSS.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, lima klub lainnya mengajukan pendapat berbeda. Mereka meminta kompetisi dilanjutkan. Kelimanya adalah Borneo FC, Persib, Tira-Persikabo, Persiraja, dan Bali United, memilih untuk melanjutkan kompetisi.
Meski begitu, Arema memberikan keterangan tambahan bahwa mereka bisa saja bersedia melanjutkan kompetisi dengan sejumlah catatan.
Persipura, di sisi lain, memilih jalan tengah. Mereka menunggu PSSI memberikan keputusan terkait masa depan kompetisi.
Hingga saat ini PSSI dan PT LIB masih belum menentukan masa depan Liga 1. Terbaru, dua organisasi tersebut akan mengumumkannya pada pekan depan setelah menggelar rapat antara PSSI, PT LIB, dan anggota Komite Eksekutif.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
ADVERTISEMENT