Barcelona Lumat Valencia di Camp Nou

15 September 2019 3:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Para pemain Barcelona merayakan gol Ansu Fati ke gawang Valencia. Foto: Reuters/Albert Gea
zoom-in-whitePerbesar
Para pemain Barcelona merayakan gol Ansu Fati ke gawang Valencia. Foto: Reuters/Albert Gea
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Barcelona mengarungi pekan keempat La Liga 2019/20 dengan gemilang. Menjamu Valencia di Camp Nou, Minggu (15/9) dini hari WIB, Blaugrana menang 5-2.
ADVERTISEMENT
Gol-gol kemenangan Barcelona pada laga kali ini ditorehkan oleh sumbangan gol Ansu Fati (2'), Frenkie de Jong (7'), Gerard Pique (53') dan Luis Suarez (64' dan 84'). Sementara satu gol Valencia dicatatkan untuk nama Kevin Gameiro (29') dan Maxi Gomez (90+2').
Atas ketambahan tiga poin ini, Barcelona merangsek keempat besar dengan raihan 7 poin. Di satu sisi, Valencia mesti tertahan di peringkat ke-14 dengan 4 angka.
Barcelona kembali tanpa Lionel Messi yang masih bergelut dengan cedera paha. Akan tetapi, kabar baik di laga ini, Ernesto Valverde sudah bisa menyertakan Luis Suarez meski dari bangku cadangan.
Valencia punya masalah pelik. Tengah pekan lalu, juru latih mereka yakni Marcelino Garcia Toral, baru saja dipecat. Alhasil, Albert Celades selaku asisten pelatih menjadi pimpinan Los Che di laga kali ini.
ADVERTISEMENT
Atas situasi buruk yang dialami Valencia, tuan rumah justru memberikan duka saat laga berjalan 10 menit. Ya, Barcelona membuka angka via Fati dan De Jong secara bergantian pada menit ke-2 dan ke-7.
Selepas mencetak dua gol, Barcelona kian meningkatkan intensitas serangan. Bahkan Fati bisa saja memperlebar jarak jika sepakannya tak mendapat adangan dari barisan belakang Valencia.
Terus ditekan, Valencia mulai menemukan ritme permainan. Memasuki menit ke-20, kerja sama Rodrigo Moreno dan Kevin Gameiro bisa saja mempersempit jarak. Tetapi upaya pemain yang disebutkan terakhir masih melebar di sisi kiri.
Lewat serangan balik dan mengedepankan umpan terobosan, Valencia akhirnya membayar gol sembilan menit berselang. Terciptanya gol mereka lagi-lagi berkat andil Moreno yang dikonversi Gameiro.
ADVERTISEMENT
Tetapi, gol Valencia sempat menuai perdebatan. Alhasil, melalui Video Assistant Referee (VAR), gol Gameiro yang semula dianggap offside akhirnya disahkan. Barcelona 2, Valencia 1.
Fati, boleh jadi sosok yang paling mencuri perhatian di pertandingan kali ini. Beroperasi di sisi kiri serangan Barcelona, pemuda 16 tahun ini lagi-lagi menjadi otak serangan Barcelona.
Salah satu kans yang kembali diciptakan Barcelona kembali lahir melalui aksinya pada menit ke-33. Kendati demikian, sepakan terukurnya dari luar kotak 16 masih melebar.
Jelang babak pertama rampung, Antoine Griezmann yang diplot sebagai penyerang murni akhirnya menciptakan kans. Akan tetapi, kerja samanya dengan Sergio Busquets gagal menambah pundi-pundi gol Barcelona.
Kembali dari ruang ganti, Valencia terlebih dahulu mengambil inisiatif serangan. Laga babak kedua baru berjalan dua menit, Gameiro yang memanfaatkan umpan Daniel Wass memberikan ancaman via sepakan jarak jauh.
ADVERTISEMENT
Merespons serangan kejut tim tamu, Barcelona menciptakan kans via Griezmann. Akan tetapi, lagi-lagi upaya penyerang berkebangsaan Perancis ini masih mampu diblok barisan pertahanan Valencia.
Mendapat keuntungan sepak pojok, Barcelona kembali menambah pundi-pundi gol mereka. Kali ini, Gerard Pique sukses mencetak gol jarak dekat memanfaatkan kemelut di depan gawang Valencia.
Memasuki satu jam jalannya laga, Barcelona melakukan penyegaran dengan menarik Fati dan memasukkan Suarez. Dan kembalinya penyerang asal Uruguay itu langsung berdampak cepat karena Suarez sukses menjauhkan Barcelona tiga menit selepas ia turun gelanggang.
Para pemain Barcelona merayakan gol Frenkie de Jong ke gawang Valencia. Foto: Reuters/Albert Gea
Suarez kembali merayakan gol keduanya di laga kali ini. Selepas 20 menit dari gol keempat Barcelona, mantan penyerang Liverpool ini kembali mencatatkan namanya di papan skor usai melancarkan kerja sama dengan Griezmann di dalam kotak penalti Valencia.
ADVERTISEMENT
Valencia memberi perlawanan terakhir dengan mencetak gol di masa injury time via aksi Maxi Gomez. Meski begitu, Barcelona tetap memberi duka buat Valencia dengan kekalahan 2-5.