Aleksandar Kolarov Ditunjuk Jadi Kapten Baru Timnas Serbia

20 Maret 2018 8:57 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kapten baru Timnas Serbia, Aleksandar Kolarov. (Foto: AFP/John Thys)
zoom-in-whitePerbesar
Kapten baru Timnas Serbia, Aleksandar Kolarov. (Foto: AFP/John Thys)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selain Australia, tim nasional lain yang punya pelatih anyar jelang Piala Dunia 2018 adalah Serbia. Mladen Krstajic, sang pelatih anyar tersebut, pun langsung menerapkan kebijakan baru di timnya. Tak tanggung-tanggung, Krstajic mencopot Branislav Ivanovic dari jabatan kapten.
ADVERTISEMENT
Krstajic ditunjuk menjadi pelatih Serbia persis setelah negara Balkan itu memastikan lolos ke Piala Dunia. Dia dipercaya untuk menggantikan Slavoljub Muslin yang acapkali dikritik lantaran pilihan taktikal yang dianggap tidak pas dengan komposisi skuat serta keengganan memanggil pemain muda berbakat.
Setelah Muslin lengser, Ivanovic menyusul. Bek Zenit St. Petersburg berumur 34 tahun ini juga kerap dihujani kritik meski dengan alasan berbeda. Oleh para suporter dan pengamat di Serbia, eks penggawa Chelsea itu dinilai sudah menurun performanya.
Atas alasan itulah Krstajic berani mencopot Ivanovic yang telah mengapteni Serbia sejak 2012. Sebagai gantinya, dia menunjuk bek Roma, Aleksandar Kolarov, untuk menjadi pemimpin skuat Serbia. Sementara, gelandang Manchester United, Nemanja Matic, dipasrahi tugas sebagai deputi.
ADVERTISEMENT
"Kolarov, si kapten baru, dan Matic, deputinya, punya kemampuan untuk mengikuti jejak Ivanovic," ucap Krstajic dalam konferensi pers jelang laga menghadapi Maroko (24/3/2018) dan Nigeria (28/3), seperti dikutip dari Reuters.
"Kami telah mengambil keputusan bersama di dalam tim, tetapi aku ingin menegaskan bahwa tidak ada kesalahpahaman apa-apa dengan Ivanovic yang masih jadi anggota tim."
Pelatih Timnas Serbia, Mladen Krstajic. (Foto: AFP/Glyn Kirk)
zoom-in-whitePerbesar
Pelatih Timnas Serbia, Mladen Krstajic. (Foto: AFP/Glyn Kirk)
"Ivanovic telah memberi banyak hal untuk Serbia dan demikian pula sebaliknya. Akan tetapi, semua pemain harus sadar bahwa kami tengah bersiap jelang Piala Dunia dan tak ada yang boleh menyepelekan spot di skuat berisikan 23 pemain nanti," sambungnya.
Di Piala Dunia nanti, Serbia tergabung dalam grup yang cukup berat bersama Kosta Rika, Brasil, dan Swiss. Laga pertama Serbia sendiri akan dilangsungkan di Samara pada 17 Juni menghadapi Kosta Rika.
ADVERTISEMENT
"Ini grup yang sangat berat. Brasil sudah jelas merupakan favorit dan dua tim lainnya juga sangat kuat. Sekarang, kami benar-benar fokus pada laga perdana kontra Kosta Rika," pungkasnya.