Aji Santoso Tak Setuju Liga 1 Dilanjutkan

3 Juni 2020 17:38 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memberikan instruksi pada anak asuhnya saat latihan. Foto: Dok. Media Persebaya
Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memberikan instruksi pada anak asuhnya saat latihan. Foto: Dok. Media Persebaya
ADVERTISEMENT

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, turut bersuara perihal Liga 1 2020 yang rencananya akan digelar kembali. Menurutnya, itu adalah rencana yang penuh dengan risiko.

ADVERTISEMENT

Dalam pertemuan virtual antara PSSI dan klub-klub Liga 1 yang dihelat Senin (2/6/2020), muncul wacana jika Liga 1 akan bergulir lagi pada September atau Oktober. Selain itu, rencananya kompetisi juga akan dipusatkan di Pulau Jawa.

Menurut Aji, sangat riskan jika tetap menggelar kompetisi saat ini. Wabah virus corona di Indonesia sendiri belum benar-benar usai. Tercatat, per Rabu (3/6) sore saja, jumlah positif kasus corona di Indonesia bertambah lagi menjadi 28.233 kasus.

"Misal corona belum tuntas dan kompetisi diputar, kemudian di tengah kompetisi ada pemain yang terkena virus corona, siapa yang bertanggung jawab?" ujar Aji, dilansir Emosijiwaku.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memberikan instruksi kepada para pemain. Foto: Dok. Media Persebaya

"Di saat seperti ini, yang setiap hari masih ada yang meninggal karena corona, kesehatan dan keselamatan lebih penting dari sepak bola,โ€ lanjutnya.

ADVERTISEMENT

Kritik Aji ini juga makin masuk akal tatkala melihat perkembangan wabah virus corona di Kota Surabaya. Saat ini, Surabaya menjadi daerah yang paling parah terdampak virus corona di Jawa Timur. Hal itu tentu akan mempersulit izin latihan Persebaya.

Menurut data dari infocovid19.jatimprov.go.id, per Selasa (2/6) malam, jumlah kasus positif virus corona di Surabaya berjumlah 2.748 orang. Selain itu, total ada 3.082 orang di Surabaya yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Surabaya saat ini sudah zona hitam. Apakah kira-kira boleh Persebaya menggelar latihan oleh pemerintah daerah?" ujar Aji.

Read more!

Soal nasib Liga 1 sendiri, rencananya akan ditentukan dalam rapat antara PSSI dan Komite Eksekutif. Meski begitu, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengklaim bahwa klub-klub Liga 1 sudah sepakat kompetisi berlanjut lagi pada Oktober nanti.

ADVERTISEMENT

===

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!