Abraham: Ambisi Saya Adalah Bermain untuk Inggris

9 Oktober 2019 19:26 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tammy Abraham di antara Inggris dan Nigeria. Foto: Reuters/Hannah McKay
zoom-in-whitePerbesar
Tammy Abraham di antara Inggris dan Nigeria. Foto: Reuters/Hannah McKay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Timnas Nigeria tampaknya mesti mengubur keinginan memanggil penyerang muda Chelsea, Tammy Abraham. Pasalnya, Abraham menegaskan bahwa ambisinya hanyalah bermain buat Timnas Inggris.
ADVERTISEMENT
Abraham saat ini berada di skuat Inggris untuk pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Rep. Ceko (12/10/2019) dan Bulgaria (15/10). Meskipun begitu, secara legal, Abraham masih dapat bermain buat Timnas Nigeria.
Pasalnya, pemuda berusia 22 tahun itu belum mencatatkan satu penampilan pun di kompetisi resmi bersama Inggris. Namun, Abraham menegaskan bahwa ia tak akan memikirkan Nigeria sama sekali.
“Saya tumbuh di Inggris dan bermain di Premier League. Ambisi saya adalah bermain buat Inggris. Tentu saja, menyenangkan rasanya diinginkan oleh dua negara. Namun, fokus utama saya adalah Inggris,” kata Abraham saat diwawancarai Evening Standard.
Pada dasarnya, Abraham sudah pernah bermain bersama Timnas Inggris pada 2017 lalu. Namun, kala itu laga yang dilakoni Abraham hanya uji tanding, sehingga ia belum secara legal menjadi bagian dari 'Tiga Singa'.
ADVERTISEMENT
Dari situ, Nigeria mendekati Abraham. Sang penyerang memang dapat bermain Nigeria, mengingat ayahnya, Oghenetega Tamaraebi, berasal dari negara yang terletak di Benua Afrika tersebut. Kebetulan, ayah Abraham dekat dengan Presiden Federasi Sepak Bola Nigeria, Amaju Pinnick.
Per Independent, pada 2017 lalu, Pinnick bahkan menyatakan bahwa Abraham siap bermain untuk Nigeria. Selain itu, pada September 2019 lalu, Abraham juga sempat membuka kemungkinan bermain bersama Timnas Nigeria.
Namun, pemanggilan Abraham ke skuat Inggris mementahkan itu semua. Sang pemain pun berambisi untuk memperebutkan tempat di tim utama The Three Lions.
“Pada 2017 lalu, saya masih muda. Itu adalah pengalaman yang baik buat saya. Kini, saya kembali. Saya sudah memiliki pengalaman, dan saya ingin untuk tetap berada di sini," tegasnya.
ADVERTISEMENT
“Buat saya, berada di skuat Inggris adalah prestasi yang sangat membanggakan. Apa yang saya lakukan sejauh ini pasti bagus karena saya berhasil menarik perhatian Gareth Southgate. Kini, saya harus membantu tim ini sekeras mungkin,” tambah Abraham.
Pemanggilan ke skuat Inggris ini merupakan penghargaan buat Abraham atas penampilannya sejauh ini. Di Premier League, ia sudah mengantungi delapan gol dari delapan laga. Ia pun saat ini berstatus sebagai topskorer sementara kompetisi.
Meskipun begitu, tak ada jaminan Abraham bakal menjadi pemain utama Inggris. Ia masih harus bersaing dengan beberapa penyerang berkualitas, seperti Callum Wilson dan, tentu saja, kapten Inggris saat ini, Harry Kane.
Penyerang andalan Chelsea, Tammy Abraham. Foto: REUTERS/David Klein
Menyoal Kane, Abraham mengakui bahwa penyerang Tottenham Hotspur itu merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Ia pun berharap dapat belajar dari Kane dalam waktu bersama mereka di skuat Inggris.
ADVERTISEMENT
“Buat saya, Kane adalah penyerang terbaik di dunia. Ia jelas berada di antara yang terbaik. Apabila ia mendapatkan sepuluh kesempatan di kotak penalti, sembilan di antaranya akan menjadi gol. Saya berharap saat ini bisa belajar darinya dan menjadi sepertinya,” pungkas Abraham.