5 Jebolan La Liga yang Pernah Mentas di Liga Indonesia: Ada Eks Persija & Persib

2 Agustus 2021 15:05 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Michael Essien.  Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti
zoom-in-whitePerbesar
Michael Essien. Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kompetisi sepak bola tertinggi di Spanyol atau La Liga adalah salah satu ajang bergengsi saat ini. Menariknya, ada beberapa eks pemain La Liga yang pernah mentas di Liga Indonesia.
ADVERTISEMENT
Umumnya, pemain-pemain seperti ini adalah mereka yang sudah melewati usia emas. Pemain-pemain ini datang ke Indonesia untuk mendapatkan pengalaman berkompetisi baru.
Memang, dalam implikasinya, pemain-pemain eks La Liga kerap gagal menunjukkan kemampuan terbaik di Liga Indonesia. Namun, segudang pengalaman yang mereka miliki tentu menjadi pelajaran berharga bagi para pemain lokal Indonesia.
Lantas, siapa saja eks La Liga yang pernah merumput di Liga Indonesia? Mengutip statistik Transfermarkt, berikut kumparanBOLA sajikan 5 di antaranya.

Michael Essien

Michael Essien saat di Real Madrid. Foto: Getty Images/Manuel Queimadelos Alonso
Nama pertama adalah eks Persib Bandung, Michael Essien. Kedatangan Essien sempat menggemparkan publik sepak bola Indonesia pada tahun 2017. Sebab, Essien adalah salah satu gelandang top Eropa, bahkan dunia.
Essien pernah merasakan persaingan di La Liga pada musim 2012/13. Kala itu, ia bermain untuk raksasa Spanyol, Real Madrid. Tampil di 21 pertandingan, Essien mengoleksi 2 gol di musim tersebut.
ADVERTISEMENT
Namun, Essien tak bertahan lama di Spanyol. Setelah masa peminjamannya habis, ia dikembalikan ke Chelsea.

Joan Tomas Campasol

Joan Tomas, pemain baru Persija. Foto: Dok. Media Persija
Persija Jakarta juga pernah mendatangkan eks pemain La Liga. Adalah Joan Tomas Campasol yang direkrut di musim 2019.
Joan Tomas punya catatan bermain di La Liga bersama 2 tim yang berbeda. Di musim 2008/09 ia bermain 1 laga bersama Villarreal CF, dan 4 pertandingan bersama Celta de Vigo di musim 2012/13.
Soal kiprahnya di Liga Indonesia, Joan Tomas juga gagal memenuhi ekspektasi Persija. Ia akhirnya berpisah dengan Persija pada awal 2020.

Fernando Rodriguez

Selanjutnya ada Fernando Rodriguez. Pemain asal Spanyol ini sebenarnya tak asing dengan kompetisi sepak bola Spanyol. Ia berangkat dari tim muda Sevilla, lalu bergabung tim-tim sekelas Ontinyent CF, Real Jaén CF, AD Ceuta, CD San Roque de Lepe, FC Cartagena, dan Hércules CF.
ADVERTISEMENT
Di level tertinggi La Liga, Fernando Rodriguez hanya punya 2 penampilan bersama Sevilla di musim 2008/09.
Pada 2017, Fernando Rodriguez memutuskan hengkang dari Spanyol dan menjajal kompetisi di Asia Tenggara. Ia bergabung tim Filipina, United City FC (kala itu bernama Ceres-Negros), sebelum direkrut Mitra Kukar pada 2018.
Saat ini, Fernando Rodriguez masih di Asia Tenggara, tepatnya di Malaysia dengan bermain bersama Johor Darul Ta'zim II.

Mohamed Sissoko

Mohamed Sissoko sempat bermain untuk Mitra Kukar pada 2017 lalu. Foto: dok. Liga Indonesia
Selain Fernando Rodriguez, Mitra Kukar juga pernah mendatangkan eks pemain La Liga lainnya, Mohamed Sissoko. Sissoko direkrut pada musim 2017.
Mohamed Sissoko berangkat dengan pengalamannya merumput bersama tim-tim besar Eropa sekelas Liverpool, Juventus, Paris Saint-Germain dan Valencia.
Di La Liga, ia punya 74 penampilan saat berseragam Valencia (musim 2003/04 dan 2004/05) dan Levante (musim 2013/14 dan 2014/15).
ADVERTISEMENT

Didier Zokora

Didier Zokora mengikuti sesi latihan bersama Semen Padang pada 26 April 2017. Foto: TANHAR / AFP
Didier Zokora pernah bermain 1 musim bersama Semen Padang pada 2017. Namun, ia gagal memenuhi ekspektasi hingga akhirnya berpisah dengan Semen Padang di tahun yang sama.
Eks penggawa Tottenham Hotspur ini pernah 2 musim bermain di La Liga pada musim 2009/10 dan 2010/11 bersama Sevilla. Ia bermain di 49 pertandingan dengan catatan 2 assist.
---