5 Fakta Drawing Liga Champions 2020/21 yang Perlu Kamu Ketahui

30 September 2020 12:24 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Trofi Liga Champions. Foto: AFP/Fabrice Coffrini
zoom-in-whitePerbesar
Trofi Liga Champions. Foto: AFP/Fabrice Coffrini
ADVERTISEMENT
Liga Champions 2020/21 akan segera memulai pertandingan di babak grup. Hmm... Rasanya cepat betul, ya. Lha wong, laga final Liga Champions 2019/20 saja baru dihelat pada 23 Agustus lalu.
ADVERTISEMENT
Yah, mau bagaimana lagi? Gara-gara pandemi corona, jadwal kompetisi sepak bola berantakan, tak terkecuali Liga Champions.
Bahkan, babak penyisahan dan kualifikasi Liga Champions musim ini sudah dilaksanakan sejak awal Agustus 2020, sebelum final musim lalu dilaksanakan. Segalanya dikebut.
Seperti musim-musim sebelumnya, penentuan babak grup harus dilakukan pengundian (drawing) terlebih dahulu. Berikut ini, dikutip dari Sky Sports, adalah serba-serbi drawing Liga Champions yang perlu kalian pahami.

Kapan drawing babak grup Liga Champions dilakukan?

Drawing Liga Champions. Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Pengundian babak grup Liga Champions 2020/21 berlangsung pada pukul 16:00 BST (British Summer Time), Kamis (1/10). Kalau merujuk waktu Indonesia, itu adalah pukul 21:00 WIB.
Laga babak kualifikasi Liga Champions pun belum sepenuhnya rampung. Tiga tiket ke babak grup tersisa masih diperebutkan Slavia Praha (Rep. Ceko), Midtjylland (Denmark), Red Bull Salzburg (Austria), Maccabi Tel Aviv (Israel), Krasnodar (Rusia), dan PAOK (Yunani).
ADVERTISEMENT
Mereka baru akan bertanding pada Kamis (1/10) dini hari WIB. Siapa saja, ya, yang akan melaju?

Di mana drawing babak grup Liga Champions dihelat?

Trofi Liga Champions. Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Adalah di studio RTS di Jenewa, Swiss. Tadinya, sempat direncanakan untuk dihelat di Athena, Yunani.
Kenapa enggak jadi? UEFA telah mengonfirmasi bahwa penyelenggaran acara drawing babak grup Liga Champions 2020/21 akan melanggar batasan kesehatan masyarakat.
Yah, intinya masih ada hubungannya dengan pandemi corona. Jadi, apa boleh buat? Acara ini akhirnya diputuskan untuk digelar di markas UEFA di Swiss.

Bagaimana dengan tim-tim di pot-potnya?

Tangis Neymar di laga Final Liga Champions 2019/2020. Foto: Reuters/Pool
Pot 1: Bayern Muenchen (Jerman), Sevilla (Spanyol), Real Madrid (Spanyol), Liverpool (Inggris), Juventus (Italia), Paris Saint-Germain (Prancis), Zenit Saint Petersburg (Rusia), Porto (Portugal).
ADVERTISEMENT
Pot 2: Barcelona (Spanyol), Atletico Madrid (Spanyol), Manchester City (Inggris), Manchester United (Inggris), Shakhtar Donetsk (Ukraina), Borussia Dortmund (Jerman), Chelsea (Inggris), Ajax (Belanda).
Pot 3: RB Leipzig (Jerman), Inter Milan (Italia), Lazio (Italia), Atalanta (Italia), Dynamo Kiev (Ukraina), Red Bull Salzburg (Austria), Olympiacos (Yunani), Krasnodar (Rusia).
Pot 4: Borussia Moenchengladbach (Jerman), Istanbul Basaksehir (Turki), Rennes (Prancis), Midtjylland (Denmark), Ferencvaros (Hungaria), Lokomotiv Moscow (Rusia), Marseille (Prancis), Club Brugge (Belgia).
{Bagian ini telah di-update, menyesuaikan hasil kualifikasi Liga Champions yang baru rampung pada Kamis (1/10) dini hari WIB}

Lebih jelas soal pot-pot drawing babak grup Liga Champions

Bayern Muenchen juara Liga Champions 2019/2020 Foto: Reuters/Pool
Pot teratas, Pot 1 adalah untuk juara Liga Champions 2019/20 (Bayern) dan juara Liga Europa 2019/20 (Sevilla). Para juara liga domestik dari enam liga terbaik Eropa juga masuk Pot 1.
ADVERTISEMENT
Liga Portugal sebetulnya liga peringkat 7 di koefisien UEFA. Namun, Porto sang jawara bisa masuk Pot 1 karena Bayern selaku juara Liga Jerman (liga peringkat 4) memegang status juara Liga Champions.
Pot 2, 3, dan 4 berisi tim-tim yang tersisa, diunggulkan berdasarkan koefisien klub UEFA 2020. Selain itu, pengisian Pot 2, 3, 4 telah diatur sedemikian rupa agar nantinya tak ada klub dari negara yang sama bermain dalam satu grup.

Kapan laga-laga babak grup Liga Champions akan dihelat?

Duel Chelsea vs Ajax berlangsung panas di babak grup Liga Champions 2019/20. Foto: REUTERS/David Klein
Babak grup akan dimulai pada 19 Oktober 2020 waktu setempat. Enam putaran pertandingan grup berlangsung hingga pertengahan Desember 2020.
ADVERTISEMENT
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.