36 Klub Sepak Bola di Jerman Minta Stadion Dibuka Kembali untuk Penonton

7 Agustus 2020 19:36 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain klub liga Jerman FC Koln saat menjalani sesi latihan di Cologne, Jerman, Senin (4/5), Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen
zoom-in-whitePerbesar
Pemain klub liga Jerman FC Koln saat menjalani sesi latihan di Cologne, Jerman, Senin (4/5), Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Para penggemar sepak bola di Jerman baru-baru ini mendapatkan kabar baik. Ada kemungkinan mereka dapat menonton pertandingan sepak bola secara langsung di stadion mulai pertengahan September.
ADVERTISEMENT
Rencana ini diajukan oleh 36 klub sepak bola di Jerman ke pemerintah. Namun keputusan akhir ditentukan oleh pemerintah yang akan melihat bagaimana perkembangan penyebaran COVID-19 di negara tersebut. Menteri Kesehatan di ke-16 negara bagian Jerman akan bertemu untuk mendiskusikan hal ini pada Senin (10/08).
Jika disetujui, stadion hanya akan diisi maksimum setengah dari kapasitas total yang jumlahnya akan bervariasi dari klub ke klub. Setiap penonton harus duduk dan tidak boleh berdiri di beranda.
Mereka akan memiliki tiket yang dipersonalisasi sehingga memudahkan untuk pelacakan jika ada kasus baru yang muncul di antara mereka yang menonton.
Penonton juga tidak diperbolehkan minum bir dan minuman beralkohol lainnya sampai bulan Oktober. Sementara penonton yang diizinkan untuk hadir di stadion hanyalah mereka yang tinggal di kota yang dekat dari stadion tersebut. Hal tersebut untuk mencegah orang-orang datang dari tempat yang jauh yang dapat meningkatkan risiko penyebaran COVID-19.
Momen Bayern Muenchen jadi juara Bundesliga 2019/20. Manuel Neuer angkat trofi. Foto: REUTERS / Kai Pfaffenbach / Pool DFL
Sudah ada lebih dari 215.000 kasus COVID-19 di Jerman di mana sekitar sembilan ribu di antaranya masih aktif. Meskipun secara umum pemerintah Jerman dapat mengontrol pandemi ini dengan baik, ada ketakutan akan munculnya gelombang kedua COVID-19.
ADVERTISEMENT
Kembali beroperasinya sektor sepak bola secara normal telah menjadi perdebatan di antara politikus, ahli virus, klub sepak bola, dan penggemarnya. Jerman adalah negara pertama di Eropa yang memulai kembali liganya dan menjadi contoh bagi negara-negara lain.
Meskipun begitu klub sepak bola di Jerman telah mengalami kerugian besar untuk setiap pertandingan yang mereka tampilkan di depan kursi stadion yang kosong. Itulah mengapa klub sepak bola berharap agar penonton dapat kembali hadir di dalam stadion.
Penulis: Daniel Chrisendo