Setara 2 Ekor Ayam, Harga Bawang Merah Bikin Marah

10 April 2020 8:29 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Stok bawang merah di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (3/12). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Stok bawang merah di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (3/12). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
ADVERTISEMENT
Harga bawang merah di pasar terus merangkak naik. Sedemikian mahalnya harga produk pertanian itu, sehingga bikin marah konsumen.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan, harga bawang merah mencapai Rp 70.000 per kilogram (kg). Salah seorang pedagang, Fauzan Tanjung, mengatakan mahalnya bawang merah karena memang pasokannya yang langka.
"Di pasar induknya juga emang susah. Enggak tahu kenapa," kata Fauzan, Jumat (10/4).
Harga sekilo bawang merah saat ini, setara dengan dua ekor ayam broiler yang harganya Rp 35.000 per ekor. Menyikapi mahalnya harga, konsumen mengaku hanya bisa pasrah meski kesal.
"Ya gimana lagi, terpaksalah dibeli. Kan kita memang butuh," kata Dwi Astuti, seorang pengunjung di Pasar 8.
Stok bahan pangan di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan cukup memadai. Aktivitas perdagangan normal. Foto: Wendiyanto/ kumparan
Kenaikan harga bawang merah sudah terjadi dalam beberapa pekan dan tren-nya terus naik. Dari pantauan di infopangan.jakarta.go.id, pada 30 Maret 2020 harga bawang merah masih Rp 46.044 per kg. Saat ini sudah Rp 51.000 per kg.
ADVERTISEMENT
Sementara di laman Kemendag, menunjukkan harga tertinggi Rp 55.000 per kg. Harga itu naik antara Rp 1.000 hingga Rp 4.000 per kg dari sehari sebelumnya.
Sementara itu harga bawang bombai yang sebelumnya sempat melambung hingga Rp 160.000 per kg, saat ini mulai turun ke kisaran Rp 80.000 per kg. Tetap lebih mahal dari harga daging ayam.
*****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!