Saat Banyak Negara Setop Penerbangan RI, Puluhan Ribu WNA Justru Bisa Masuk

11 Juli 2021 13:59 WIB
·
waktu baca 2 menit

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Pihak imigrasi memeriksa WNA yang memasuki bandara di Indonesia. Foto: Dok. Imigrasi
Pihak imigrasi memeriksa WNA yang memasuki bandara di Indonesia. Foto: Dok. Imigrasi
ADVERTISEMENT

Ledakan kasus COVID-19 di Indonesia membuat sejumlah negara mulai memberlakukan larangan penerbangan dari dan menuju Indonesia. Teranyar dari Uni Emirat Arab (UEA).

ADVERTISEMENT

Uni Emirat Arab yang tercatat sebagai salah satu investor Indonesia tersebut tercatat memberlakukan penangguhan penerbangan dari Indonesia per hari ini, Minggu (11/7).

Langkah serupa juga akan diberlakukan oleh negara tetangga Singapura mulai besok, Senin (12/7). Sebelumnya, sederet negara lainnya sudah lebih dulu menutup pintu buat WNI karena kasus COVID-19 di dalam negeri melonjak, di antaranya ada Oman dan Hong Kong.

Show more

Selain larangan penerbangan, ada juga negara yang memperketat aturan karantina untuk pelancong dari Indonesia. Aturan ini ditempuh oleh Taiwan hingga Jepang.

Sementara di saat berbagai negara menyetop kedatangan dari RI, di dalam negeri justru tak terlihat aturan yang sama dijalankan pemerintah. Meski PPKM Darurat diterapkan di Indonesia sebagai langkah antisipasi, penerbangan dari luar justru masih dibuka.

ADVERTISEMENT

24.594 WNA Masuk RI saat Kasus COVID-19 Melonjak

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Kondisi antrean rapid test antigen di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Dok. Angkasa Pura II

Di tengah lonjakan kasus COVID-19 dalam sebulan terakhir, sebanyak 24.594 WNA tercatat masuk ke Indonesia. Angka ini disampaikan oleh anggota Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati.

Mengutip data Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Kurniasih mengungkapkan jumlah WNA sebanyak itu yang masuk Indonesia, terhitung pada 1 Juni-6 Juli 2021. Dari jumlah itu, yang paling banyak WNA China sebanyak 5.298 orang.

"Kasihan rakyat Indonesia. Di tengah-tengah perjuangan melawan COVID-19 dan pemberlakuan PPKM Darurat, negara justru membuka pintu untuk WNA tiba di Indonesia. Ini kan justru kebijakan yang kontra produktif,” kata Mufida melalui pernyataan resmi, Sabtu (10/7).

127 WN India Masuk Indonesia Pakai Pesawat Carter

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Pemakaman jenazah korban COVID-19 di tepian Sungai Gangga di Phaphamau, Prayagraj, India. Foto: Ritesh Shukla/REUTERS

Pada pertengahan April 2021, sebanyak 127 warga negara India juga tercatat masuk ke Indonesia menggunakan pesawat carter. Padahal saat itu kasus corona di Negeri Bollywood tengah mengalami lonjakan dengan adanya varian Delta.

ADVERTISEMENT
Show more

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Benget Saragih, mengatakan mereka masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (21/4) malam.

"127 WN India masuk ke Indonesia, pakai pesawat carter," kata Benget saat dikonfirmasi pada 22 April 2021.