Pepsi Mulai Menghilang di Pasaran

1 Oktober 2019 13:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Coca Cola yang disajikan menggunakan gelas Pepsi di KFC Box Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Foto: Moh Fajri/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Coca Cola yang disajikan menggunakan gelas Pepsi di KFC Box Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Foto: Moh Fajri/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Minuman berkarbonasi asal Amerika Serikat (AS), Pepsi, akan mengakhiri kiprahnya di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Hal ini diperkuat dengan berakhirnya kontrak Pepsi dengan dua perusahaan makanan cepat saji di Indonesia yakni Pizza Hut dan KFC pada Oktober 2019. Pepsi pun mulai menghilang di pasaran.
kumparan mencoba mengecek langsung di lapangan. Beberapa gerai ritel didatangi. Salah satunya KFC Box di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Pepsinya enggak bisa. Adanya Coca-Cola sekarang, udah enggak ada (Pepsi),” kata seorang pelayan saat kumparan memesan Pepsi sebagai pelepas dahaga, Selasa (1/10).
Pepsi yang masih tersedia di Pizza Hut Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta. Foto: Moh Fajri/kumparan
Pelayan tersebut menawarkan Coca-Cola sebagai minuman dingin pengganti. Namun, saat dikeluarkan ternyata gelas yang dipakai masih bertuliskan Pepsi. KFC yang berada tepat di samping Ramayana Pasar Minggu ini ternyata sudah hampir sepekan tidak lagi menjual Pepsi.
“Iya (Pepsi enggak ada), sudah hampir seminggu. Ini Coca-Cola. Sudah seminggu-lah (enggak ada Pepsi),” ujar pelayan tersebut.
ADVERTISEMENT
Tak hanya di KFC Box Pasar Minggu, Pepsi juga sudah tidak tampak berada di rak-rak minuman bersoda di Alfamart Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Tidak tahu pasti, kapan Pepsi hilang di peredaran Alfamart yang lokasinya tidak jauh dari Pejaten Village ini.
“Pepsi udah enggak ada. Udah enggak jual. Sejak ditata lay out-nya ini udah nggak ada (tidak tahu kapan). Udah enggak ada di toko,” terang seorang kasir saat ditanya persediaan Pepsi.
Alfamart Kemang Raya yang tak lagi menyediakan Pepsi. Foto: Moh Fajri/kumparan
kumparan lalu bergeser ke Alfamart Kemang Raya, Jakarta Selatan. Di sana juga tidak menyediakan Pepsi. Saat menjelajah ke lemari es yang berjejer minuman soda, yang ada hanya Sprite, Coca-Cola, sampai Fanta yang masih berbaris rapi. Kasir memang tidak tahu kapan tepatnya Pepsi menghilang. Ia hanya menegaskan sudah lama tak ada minuman dengan botol dominan biru tua tersebut.
ADVERTISEMENT
“Pepsi kagak ada bang. Ada awalnya, sekarang sudah enggak ada. Iya udah lama. Ada 1,5 liter dulu, sekarang udah enggak ada. Udah lama enggak ada di sini,” terang kasir di lokasi tersebut.
Meski begitu, Pepsi tidak langsung hilang begitu saja. Ada gerai yang masih menjualnya seperti di Pizza Hut Jati Padang, Jakarta Selatan. Masih ada beberapa botol Pepsi di lemari es. Diakui penjualnya, Pepsi itu merupakan stok penghabisan. Sementara itu, di Pizza Hut Kemang Raya juga masih ada Pepsi meski tidak ada yang kemasan botol.
Pepsi yang masih tersedia di Pizza Hut Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta. Foto: Moh Fajri/kumparan
Di KFC Kemang juga sama. Tidak ada Pepsi botol, yang ada langsung dari mesin yang berjajar dengan minuman soda lainnya.
“Pepsi masih ada. Enggak ada botolan, tinggal yang di mesin itu,” tutur seorang pelayan.
Pepsi, produk minuman unggulan dari PepsiCo. Foto: Reuters/Brendan McDermid
Sebelumnya, Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC) Justinus Dalimin mengaku, telah mendengar hilangnya Pepsi ini sejak beberapa bulan lalu. Namun, ia memastikan persediaan Pepsi masih tercukupi sampai kontrak berakhir.
ADVERTISEMENT
"Iya, sudah beberapa bulan lalu Pepsi informasikan ke kita kalau mereka mau fokus ke negara lain, enggak di Indonesia. Makanya kontrak dengan kami juga akan berakhir di Oktober (2019)," katanya saat dihubungi kumparan, Senin (30/9).