Mentan soal Harga Gula Petani Rp 9.700 per Kg: Itu Sesuai Kesepakatan

3 Agustus 2018 15:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menteri Pertanian, Amran S. di seminar nasional. (Foto:  Fitra Andrianto/ kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Pertanian, Amran S. di seminar nasional. (Foto: Fitra Andrianto/ kumparan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perum Bulog sudah ditunjuk pemerintah untuk membeli gula milik petani tebu dengan harga Rp 9.700 per kg. Harga tersebut dinilai sudah ideal dan menguntungkan bagi petani maupun Bulog.
ADVERTISEMENT
Namun, Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mengaku keberatan dengan besaran harga beli gula petani oleh Bulog sebesar Rp 9.700 per kg. Sebab menurut APTRI, biaya pokok produksi (BPP) gula saat ini sebesar Rp 10.900 per kg. Harusnya harga beli gula petani sudah di atas Rp 11.000 per kg.
Menanggapi keberatan APTRI tersebut, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan bahwa harga Rp 9.700 per kg sudah sesuai kesepakatan dengan para petani tebu.
"Itu sesuai kesepakatan. Itu usulan kemarin. Ketua asosiasinya kami bicara. Nanti tanya di Bulog," kata Amran saat ditemui di Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (3/8).
Amran menambahkan, harga tersebut juga sudah tergolong bagus, jauh lebih baik dibanding usulan awal. "Justru kemarin awalnya Rp 9.000 per kg kan. Rp 9.000 - Rp 9.200 per kg, nah kita ini baru-baru rakor naik Rp 9.700 sudah sangat bagus," tegasnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menegaskan, Bulog tidak menginginkan petani sengsara. Menurutnya, harga beli gula Bulog sebesar Rp 9.700 per kg sudah sesuai dengan BPP yang dikeluarkan petani.
Dia juga marah besar ketika ada kabar para petani menolak dan menginginkan Bulog membeli dengan harga di atas Rp 10.000 per kg. Buwas menegaskan usulan tersebut ngawur alias tidak masuk akal.
"Itu ngawur, (hitungannya) dari mana? suruh dia yang beli tuh ngawur aja. Enggak pakai otak ngomongnya itu," ucap Buwas bernada tinggi.