Lion Air Group Keluarkan Tarif Kelebihan Bagasi Terbaru, Ini Daftarnya

26 Agustus 2019 19:47 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Pesawat Lion Air. Foto: ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pesawat Lion Air. Foto: ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Maskapai Lion Air Group mulai 1 September 2019 memberlakukan penerapan tarif bagasi berbayar terbaru yang berlaku untuk pembelian saat pelaporan di bandara karena kelebihan berat/dimensi (excess baggage ticket/EBT). Tarif baru ini berlaku untuk penerbangan di Lion Air, Batik Air, dan Wings Air.
ADVERTISEMENT
Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/8), menjelaskan Batik Air sebagai maskapai full services memberikan bagasi tercatat cuma-cuma 20 kg.
Sementara itu, Lion Air dan Wings Air sebagai maskapai low cost carrier menghadirkan bagasi tercatat 0 kg.
Seiring perkembangan pasar penerbangan, Lion Air dan Wings Air sudah memberlakukan penerapan bagasi 0 kg serta mengenakan biaya terhadap kapasitas (berat) bagasi tercatat untuk penerbangan di Indonesia (domestik) dan internasional.
Untuk biaya kelebihan bagasi (excess baggage) mengikuti berat aktual sesuai aktual penghitungan timbangan di bandar udara dan tetap dikenakan apabila tamu atau penumpang membawa bagasi melebihi berat, setelah dibandingkan dengan baggage allowance dan pre-paid baggage.
Tarif kelebihan berat/dimensi dihitung per kilogram (kg) berbeda-beda menurut maskapai pada rute yang dilayani, sebagai contoh berikut ini:
ADVERTISEMENT
Lion Air
Rute: Soetta – Yogyakarta Adisutjipto (< 1 jam), tarif Rp 24.000 per Kg EBT
Rute: Soetta – Medan Kualanamu (2 jam), tarif Rp 49.000 per Kg EBT
Batik Air
Rute: Soetta – Yogyakarta Adisutjipto (< 1 jam), tarif Rp 33.000 per Kg EBT
Rute: Soetta – Medan Kualanamu (2 jam), tarif Rp 70.000 per Kg EBT
Wings Air
Rute: Surabaya – Banyuwangi (< 1 jam), tarif Rp 28.000 per Kg EBT
Rute: Denpasar – Bima (2 jam), tarif Rp 28.000 per Kg EBT
Rute: Bandung Husein Sastranegara – Bengkulu (> 1 jam), tarif Rp 44.000 per Kg EBT
Pilihan Pre-Paid Baggage Lion Air dan Wings Air
Pembelian kuota bagasi (extra baggage allowance) yang dilakukan sebelum waktu keberangkatan (pre-paid baggage) tersedia 5, 10, 15, 20 kg dengan maksimum pembelian 30 kg per penumpang.
Corporate Communication Strategic Lion Air Danang Mandala. Foto: Nurul/kumparan
Lion Air dan Wings Air menghimbau kepada travelers untuk mempersiapkan rencana perjalanan lebih awal dengan “tren perjalanan udara simpel”.
ADVERTISEMENT
"Jika akan membawa bagasi saat bepergian maka dapat membeli bagasi menggunakan voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group," tutur Danang.
Tarif pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) berlaku tetap sejak mulai diberlakukan (tidak mengalami perubahan) dihitung per kg berbeda-beda menurut maskapai pada rute yang dilayani, sebagai contoh berikut ini:
Lion Air
Rute: Soetta – Yogyakarta Adisutjipto (< 1 jam), tarif Rp 17.000 per Kg Pre-Paid Baggage
Rute: Soetta – Medan Kualanamu (2 jam), tarif Rp 36.000 per Kg Pre-Paid Baggage
Wings Air
Rute: Surabaya – Banyuwangi (< 1 jam), tarif Rp 22.000 per Kg Pre-Paid Baggage
Rute: Denpasar – Bima (2 jam), tarif Rp 22.000 per Kg Pre-Paid Baggage
ADVERTISEMENT
Rute: Bandung Husein Sastranegara – Bengkulu (> 1 jam), tarif Rp 22.000 per Kg Pre-Paid Baggage
Pembelian bagasi dengan harga lebih hemat bisa dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket), ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.
Travelers akan mendapatkan nilai lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi yang disesuaikan tingkat keperluan. Sebaliknya, bila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi.
Setiap travelers (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/perlengkapan bayi/bahan membaca/kamera/tas jinjing wanita (hand luggage) ke dalam kabin (hand carry), yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin 35 x 30 x 20 cm.
ADVERTISEMENT
Dalam mempersiapkan penerbangan, Lion Air dan Wings Air mengimbau seluruh pelanggan untuk check-in lebih awal yaitu paling tidak 120 menit sebelum jadwal keberangkatan penerbangan di terminal keberangkatan bandar udara. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang di meja pelaporan (check-in counter).
"Counter check-in di bandara tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik atau 45 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional). Pintu keberangkatan tutup 10 menit sebelum waktu keberangkatan," ungkap Danang.