Kabar Baik: Perusahaan Farmasi RI, Kalbe Farma, Uji Coba Vaksin Corona Juni 2020

29 Mei 2020 18:33 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Presiden Jokowi meresmikan salah satu pabrik farmasi milik PT Kalbe Farma Tbk di Cikarang, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro
Presiden Jokowi meresmikan salah satu pabrik farmasi milik PT Kalbe Farma Tbk di Cikarang, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro
ADVERTISEMENT

Perusahaan farmasi nasional PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) akan melakukan uji coba klinis vaksin virus corona pada Juni 2020. Langkah ini dilakukan melalui kerja sama antara Kalbe dengan perusahaan farmasi Korea Selatan (Korsel), Genexine Inc.

ADVERTISEMENT

Dikutip dari keterbukaan informasi Kalbe ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Kalbe telah menjalin kerja sama dengan perusahaan obat biologi, Genexine Inc., untuk mengembangkan vaksin COVID-19. Kerja sama itu dituangkan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak.

“Uji klinik vaksin COVID-19 rencananya akan dilakukan di bulan Juni 2020. Riset vaksin ini sendiri telah dilakukan kepada primata dan telah terbukti menghasilkan antibodi yang mampu menetralisir virus corona baru, sehingga tahap berikutnya akan diuji kepada manusia,” tulis Corporate Secretary PT Kalbe Farma Tbk, Lukito Kurniawan Gozali, seperti dikutip kumparan Jumat (29/5).

Lukiot menambahkan, Kalbe Farma akan menggandeng lembaga pemerintah terkait, untuk berkolaborasi mengembangkan vaksin COVID-19. Hal ini dimaksudkan agar proses penelitian berjalan lancar dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat Indonesia.

ADVERTISEMENT

Sebagaimana diketahui, Kalbe menjalin kerja sama dengan Genexine Inc., perusahaan obat biologi asal Korea Selatan, membentuk PT Kalbe Genexine Biologic (KGBio). Perusahaan joint venture itu mengembangkan dan membuat bahan baku obat-obatan bioteknologi di Indonesia.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi vaksin dan imunisasi Foto: Shutterstock

Dalam pernyataan itu juga disebutkan, Kalbe dan Genexine sepakat untuk melakukan uji klinis GX-19 di Indonesia. Pengembangan vaksin DNA terhadap virus corona ini sendiri dilakukan oleh sebuah konsorsium yang terdiri dari sejumlah lembaga. Yakni Genexine, Binex, the International Vaccine Institute (IVI), GenNBio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), and Pohang University of Science & Technology (POSTECH).

Sebelumnya, Kalbe juga mendekati berbagai mitra kerja sama dalam memproduksi vaksin atau obat serta alat-alat kesehatan yang berkaitan dengan penanganan virus corona. Calon mitra itu mulai dari China hingga Eropa.

ADVERTISEMENT
Show more

"Kami dapatkan calon-calon potensi produk, mulai vaksin kita coba identifikasi, obat biologinya kita mencari kolaborasi bagaimana herbal-herbal Indonesia kita coba uji klinis. Misalnya hand sanitizer, masker yang consumable kita coba petakan," ujar Direktur Utama Kalbe Farma, Vidjongtius, melalui konferensi pers secara online, Senin (18/5).

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.

*****

Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.