Kabar Baik Buat Startup RI! Jokowi Luncurkan Merah Putih Fund 17 Desember 2021

11 Desember 2021 19:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Erick Thohir di Rabu Hijrah. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Erick Thohir di Rabu Hijrah. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemerintah akan mulai merangkul startup di Indonesia melalui Merah Putih Fund. Rencananya Merah Putih Fund akan diluncurkan Presiden Jokowi pada 17 Desember mendatang.
ADVERTISEMENT
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Merah Putih Fund akan mendanai hingga mendampingi perusahaan rintisan di Indonesia.
"Startup-startup hari ini semuanya asing di investasi, karena itu nanti 17 Desember Bapak Presiden akan meluncurkan yang namanya Merah Putih Fund," kata Erick dalam Orasi Ilmiah di ITS, Sabtu (11/12).
Merah Putih Fund, kata dia, mempunyai 3 benang merah. Pertama yakni harus punya orang Indonesia, kemudian operasionalnya ada di Indonesia. Juga harus go public di Indonesia.
"Punya 3 benang merah. Satu foundernya punya orang Indonesia, penciptanya, kedua beroperasional di Indonesia, dan ketiga go public-nya di Indonesia," kata dia.
Presiden Jokowi. Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden
Menurutnya selama ini startup di Indonesia banyak diivestasi oleh asing karena pemerintah belum merangkulnya.
"Jadi kita jangan menyalahkan kalau startup-startup kita diinvest oleh asing marah. Wong kitanya belum peduli saat itu," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Erick Thohir menjelaskan, fungsi Merah Putih Fund untuk mendanai, mendampingi, dan mengambil alih soonicorn dan unicorn di Indonesia.
"Kita sekarang sedang siapkan Merah Putih Fund, yang kita akan launching kan oleh Bapak Presiden kalau tidak meleset pertengahan Desember," ujar Erick dalam acara Technopreneur Fest & Socio Technopreneur Campus, Jumat (19/11).