Hari Pertama Ngantor, Menteri Pengganti Susi Datang Pukul 7 Pagi

24 Oktober 2019 8:41 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru Edhy Prabowo (kanan) berjalan bersama Susi Pudjiastuti saat akan meghadiri Serah Terima Jabatan.  Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru Edhy Prabowo (kanan) berjalan bersama Susi Pudjiastuti saat akan meghadiri Serah Terima Jabatan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Edhy Prabowo baru saja dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Indonesia Maju. Ia menggantikan Susi Pudjiastuti yang tak lagi masuk dalam jajaran kabinet di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan di hari pertama setelah dilantik, Edhy Prabowo sudah datang ke kantornya sejak pukul 07.15 WIB. Ia langsung masuk ke Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
Karangan bunga ucapan selamat untuk Edhy Prabowo masih berjajar di depan GMB IV. Di antaranya ada karangan bunga dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Rokhmin Dahuri, dan Susi Pudjiastuti.
Ada pula karangan bunga dari kalangan pengusaha, seperti Yugi Prayanto, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan.
Sebelum menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, pada periode 2009-2014, Edhy bertugas di Komisi VI DPR-RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi, dan BUMN.
Sedangkan pada periode 2014 - 2019, Edhy menjadi Ketua Komisi IV DPR-RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya bergelut di bidang politik, Edhy Prabowo juga berkiprah di bidang bisnis. Ia tercatat pernah menjadi Komisaris PT Kiani Lestari pada 2007-2015, Direktur Utama PT Garuda Security Nusantara (2005-2015), Direktur Utama PT Tusam Hutani Lestari (2004-2015), dan Asisten Direktur Utama PT Nusantara Energi (1998-2004).
Karangan bunga di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta. Foto: Michael Agustinus/kumparan
Di bidang organisasi, Edhy Prabowo aktif di Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dan Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPSMI). Ia juga pernah menjadi Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).
Bagi Edhy Prabowo, kebijakan yang dikeluarkan Susi Pudjiastuti sudah sangat bagus. Tetapi tentu ada perbaikan yang akan dia lakukan.
"Saya mengawasi selama Ketua Komisi IV (DPR) dan saya lihat kebijakannya (Susi Pudjiastuti) sangat bagus," kata Edhy Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (23/10).
ADVERTISEMENT
Misalnya kebijakan penenggelaman kapal. Menurut Edhy Prabowo, langkah yang dilakukan Susi Pudjiastuti sudah sangat tepat untuk menegakkan kedaulatan negara.
Tetapi ke depan, sebelum kapal ditenggelamkan dia akan meminta masukan dan melihat rekam jejak dari kapal itu sendiri.