GoTo PHK 1.300 Orang: Keputusan Sulit, Tapi Dorong Kinerja Bisnis yang Sehat

8 Desember 2022 17:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Ritz Carlton, Jakarta pada Selasa (28/6/2022). Foto: Dok. GoTo
zoom-in-whitePerbesar
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Ritz Carlton, Jakarta pada Selasa (28/6/2022). Foto: Dok. GoTo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengklarifikasi soal beban gaji pekerja yang terlalu besar. Sebagian besar kompensasi yang diberikan kepada karyawan adalah bentuk alokasi seperti saham pada periode sembilan bulan tanggal 30 September 2022.
ADVERTISEMENT
Direktur GoTo, Melissa Siska Juminto mengatakan, GoTo dengan berat hati melakukan perampingan karyawan (PHK) yang berdampak pada 1.300 orang atau 12 persen dari total karyawan grup GoTo.
Direktur GoTo, Melissa Siska Juminto. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Melissa memastikan, GoTo terus mengkaji dan melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalisasi berbagai biaya operasional lainnya dalam rangka mempercepat langkah untuk menuju profitabilitas.
Melissa mengungkapkan, GoTo melakukan berbagai langkah untuk mengelola biaya yang terkait dengan SDM, yaitu implementasi kontrol yang sangat ketat dalam rekrutmen, membatasi perjalanan dinas non-esensial, melakukan perampingan organisasi termasuk konsolidasi dan fungsi-fungsi korporat.
“Hasil langkah ini akan terlihat di kuartal berikutnya. Beban kompensasi (karyawan) dalam bentuk saham ini bukan merupakan item tunai,” lanjutnya.
Melissa menuturkan, program kompensasi berbasis saham pada umumnya termasuk kinerja perseroan, sejalan dengan pemegang saham jangka panjang. Bentuk kompensasi berbasis saham ini didistribusikan selama periode 4 tahun dan tidak diberikan langsung atau one-go.
ADVERTISEMENT