Dharma Jaya: Tren Penjualan Daging Naik 100 Persen H-10 Lebaran

17 Mei 2019 15:26 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penjual daging sapi di pasar. Foto: Dok. Kementan
zoom-in-whitePerbesar
Penjual daging sapi di pasar. Foto: Dok. Kementan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bergerak di bidang industri daging, PD Dharma Jaya (DJ) menjual daging sapi murah saat Ramadhan. Terlebih, menjelang lebaran, permintaan daging sapi selalu naik signifikan.
ADVERTISEMENT
“Kenaikan permintaan jelang Idul Fitri memang ada. Trennya memang awal puasa itu naik, lalu turun pada pertengahan dan kembali baik menjelang H-10 Idul Fitri,” ujar Penanggung Jawab Dharma Jaya Meet Shop Budi Laksono kepada kumparan saat ditemui di Pabrik Dharma Jaya Cakung, Jakarta Timur, Jumat (17/5).
Budi menyebutkan, permintaan daging sapi jelang lebaran biasanya mencapai 100 kilogram (kg) per hari. Sementara di hari biasa atau di luar puasa dan lebaran, permintaan daging hanya sekitar 50 kg per hari.
“Tapi juga tidak menentu, kadang ada yang sekali beli 100 kg per hari. Ada yang ibu-ibu beli cuma 5 kg per hari. Tapi kenaikannya seperti itu pada jelang Idul Fitri bisa sampai 100 kg per hari,” sambungnya.
Dharma Jaya Meat Shop and Resto, Cakung, Jakarta Timur. Foto: Abdul Latif/kumparan
Adapun produk daging sapi yang dijual Dharma Jaya seluruhnya dalam bentuk kemasan yang sudah dibekukan. Daging-daging tersebut telah terbagi per item (jenis) daging.
ADVERTISEMENT
Ia menambahkan, harga daging yang dijual Dharma Jaya beragam. Misalnya daging sapi dipatok dari rentang Rp 80.000 - Rp 135.000 per kg.
Ia menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyediakan website untuk memasarkan produk-produknya melalui dharmajaya.co.id. Selain itu, masyarakat dapat membeli dengan cara datang langsung ke lokasi.
“Kita sekarang sudah mengembangkan online. Cuma bagian online ada sendiri. Sementara daging-daging di sini dijual juga melalui online,” ucap dia.
Dharma Jaya Meat Shop and Resto, Cakung, Jakarta Timur. Foto: Abdul Latif/kumparan
Saat ini, PD Dharma Jaya memiliki beberapa Rumah Potong Hewan, dengan kapasitas 100 ekor per jam.
Rumah Potong Hewan milik PD Dharma Jaya telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, serta pengawasan dan bimbingan dari MUI. Secara periodik dan terkadang mendadak, MUI melakukan kunjungan untuk memeriksa proses pemotongan hewan di RPH Dharma Jaya.
ADVERTISEMENT