Deputi Luhut Terpilih Jadi Dirjen Minerba Kementerian ESDM

5 Agustus 2020 22:24 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Deputi di Kemenko Marves, Ridwan Djamaluddin, diangkat menjadi Dirjen Minerba Kementerian ESDM. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Deputi di Kemenko Marves, Ridwan Djamaluddin, diangkat menjadi Dirjen Minerba Kementerian ESDM. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ridwan Djamaluddin yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi pada Kemenko Kemaritiman dan Investasi, yang dipimpin oleh Luhut Binsar Pandjaitan, diangkat menjadi Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara atau Dirjen Minerba pada Kementerian ESDM.
ADVERTISEMENT
Hal itu diketahui dari kalangan pelaku industri tambang, seperti Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) dan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi).
"Selamat dan sukses kepada Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin M.Sc, sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM," demikian pernyataan APNI yang diterima kumparan, Rabu (5/8) malam.
Informasi soal pengangkatan Ridwan Djamaluddin sebagai Dirjen Minerba, sudah beredar pada sore hari. Tapi konfirmasi kumparan kepada Ridwan, tak direspons. Sementara sumber di Kementerian ESDM membenarkan, posisi Dirjen Minerba yang kosong sejak Mei 2020 setelah pejabat sebelumnya Bambang Gatot Ariyono pensiun, sudah terpilih.
Kantor Kementerian ESDM akan menjadi tempat baru bagi Ridwan Djamaluddin yang diangkat sebagai Dirjen Minerba. Foto: Fanny Kusumawardhani/ kumparan
Sebelumnya ada enam nama yang mengikuti seleksi untuk pengisian jabatan Dirjen Minerba. Empat di antaranya berasal dari Kementerian ESDM, yakni Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerjasama (KLIK), Agung Pribadi; Kepala Pusat PPSDM Geominerba, Mohamad Priharto Dwinugroho; Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batubara, Sujatmiko; Dan Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral, Yunus Saefulhak.
ADVERTISEMENT
Sedangkan dua nama lain dari Kemenko Marves, yakni Ridwan Djamaluddin dan Asisten Deputi Industri Penunjang Infrastruktur, Yohannes Yudi Prabangkara.
Ridwan Djamaluddin merupakan lulusan Teknik Geologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia mendapat gelar master geomorfologi dari ITC Belanda dan gelar doktor geografi dari texas A&M University, Amerika Serikat. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IATGI).
Selain menjabat deputi di kementerian yang dipimpin Luhut, pria kelahiran Bangka tersebut juga menjabat Komisaris PT Pelindo III (Persero).