BTN, Pertamina, dan Garuda Mau Terbitkan Global Bond Rp 28 T Tahun Ini

13 Januari 2020 17:41 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tiga perusahaan berpelat merah berencana akan menerbitkan surat utang berdenominasi dolar AS atau global bond di tahun ini.
ADVERTISEMENT
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, ketiga BUMN tersebut yaitu PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, PT Pertamina (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Namun Tiko belum menentukan kapan waktu pastinya global bond tersebut akan diterbitkan.
"Jadi kami kan lagi antre, sekarang ada BTN Junior Debt, ada Pertamina, Garuda," ujar pria yang akrab disapa Tiko di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Senin (13/1).
Ilustrasi Gedung Kementerian BUMN. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Global Bond dari ketiga BUMN itu ditargetkan bisa terjual hingga USD 2 miliar atau sekitar Rp 28 triliun (kurs Rp 14.000). Menurut Tiko, saat ini pihaknya masih melihat kondisi market untuk mendapatkan tingkat yield terbaik bagi BUMN maupun investor.
"Sekarang masih lihat market," katanya.
Sementara itu, Tiko memastikan PT Waskita Karya (Persero) Tbk tak jadi menerbitkan global bond di tahun ini. Ia pun enggan menjelaskan alasannya.
Kartika Wirjoatmodjo. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
ADVERTISEMENT
Padahal, BUMN berkode saham WSKT itu rencananya akan menerbitkan global bond senilai USD 210 juta di tahun 2o2o. Dana dari global bond akan digunakan Waskita untuk refinancing.
"Waskita enggak jadi dulu," tambahnya.