Blibli.com Akan Borong Saham Pengelola Ranch Market dan Farmers Market

17 September 2021 10:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Platform e-commerce Blibli Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Platform e-commerce Blibli Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PT Global Digital Niaga (GDN) yang merupakan pengelola market place Blibli.com akan memborong saham PT Supra Boga Lestari tbk (RANC). RANC merupakan pengelola supermarket produk segar Ranch Market dan Farmer's Market.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama PT Global Digital Niaga, Kusumo Martanto, menjelaskan aksi korporasi itu telah dituangkan dalam Perjanjian Pengikatan Pembelian Saham yang ditandatangani pada 15 September 2021.
"Perjanjian Pengikatan Pembelian Saham PT Supra Boga Lestari Tbk atau SBL itu sehubungan rencana pengambilalihan 797.888.628 saham atau 51 persen dari total modal ditempatkan dan disetor penuh dalam SBL," kata Kusumo Martanto dikutip kumparan Jumat (17/9).
Jika transaksi itu telah terlaksana, maka Blibli.com akan menjadi pemegang saham mayoritas dan pengendali baru di Supra Boga Lestari.
Dari informasi yang diperoleh kumparan, para pemegang saham RANC yang akan melepas kepemilikannya yakni PT Wijaya Sumber Sejahtera (26,8 persen), PT Prima Rasa Inti (18,72 persen), PT Gunaprima Karyaperkasa (15,12 persen).
Ilustrasi Ranch Market. Foto: Shutter Stock
Selain itu juga ada PT Ekaputri Mandiri (7,56 persen), Dr. David Kusumodjojo (5,36 persen), Suharno Kusumodjojo (2,11 persen), dan Harman Siswanto (0,13 persen).
ADVERTISEMENT
Blibli.com menjelaskan, tujuan pengambilalihan saham RANC merupakan langkah GDN untuk mengembangkan usaha dan perluasan ekosistem Perseroan, sebagai salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia.
Dikutip dari laman resminya, PT Supra Boga Lestari didirikan 28 Mei 1997 dengan bisnis utama di bidang ritel modern. Gerai Ranch Market pertama dibuka pada 1998 sebagai waralaba dari Ranch Market Amerika Serikat (AS). Tapi pada 2010 perusahaan memutuskan lisensi (termination agreement) dengan Ranch Market AS, sehingga memperoleh izin penggunaan merek Ranch Market di Indonesia dan terpisah dengan Ranch Market USA.
Sementara Farmers Market diluncurkan pada 2007, sebagai pengembangan konsep supermarket baru yang ditujukan untuk pelanggan kelas menengah dan menengah ke atas.