Berita Populer: Bitcoin Rp 150 Juta hingga Tokopedia Bagi-bagi THR

10 Mei 2020 8:33 WIB
comment
4
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bitcoin Foto: REUTERS/Edgar Su
zoom-in-whitePerbesar
Bitcoin Foto: REUTERS/Edgar Su
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Harga aset kripto Bitcoin tembus USD 10.000 per koin atau setara Rp 150 juta (kurs Rp 15.000). Ini merupakan level tertinggi sejak awal tahun ini, bahkan sejak Agustus 2019.
ADVERTISEMENT
Berita tersebut jadi salah satu yang paling banyak dibaca. Selain itu, ada juga berita soal Tokopedia bagi-bagi THR serta aturan baru untuk penumpang pesawat. Berikut kumparan merangkum 3 berita populer pada Sabtu (9/5):

Harga 1 Bitcoin tembus Rp 150 Juta

Berdasarkan data Coindesk Sabtu (9/5) pukul 07.00 WIB, harga Bitcoin berada di USD 10.008,49 per koin atau meningkat 4,77 persen dibandingkan hari sebelumnya.
Dilansir Forbes, Sabtu (9/5), kenaikan Bitcoin itu sejalan dengan adanya rencana halving pada 12 Mei mendatang. Halving merupakan proses pemrograman kembali Bitcoin. Proses halving ini dilakukan empat tahun sekali dan sudah dituliskan dalam kode yang mendasari Bitcoin.
Tujuan dari proses halving adalah menjaga inflasi. Proses tersebut juga akan mengurangi pasokan Bitcoin yang masuk ke pasar, sehingga harganya juga akan melesat.
ADVERTISEMENT
"Dengan berkurangnya pasokan Bitcoin, kami percaya harga akan naik. Dalam jangka panjang kami mengharapkan terjadi apresiasi harga Bitcoin menjelang akhir 2020 dan awal 2021," kata Leonnard Neo, kepala riset Stack, perusahaan analisis Bitcoin yang berbasis di Singapura.
Sejalan dengan hal tersebut, CEO platform investasi aset kripto di Indonesia atau Indodax Oscar Darmawan mengatakan, dalam beberapa bulan ke depan harga Bitcoin akan mengalami kenaikan.
“Hari ini kita lihat harga Bitcoin mencapai Rp 150 juta. Artinya kenaikan Bitcoin akan terbuka lebih besar, mengingat sudah menembus harga resisten yaitu USD 10.000 per 1 Bitcoin,” kata Oscar.
Selain karena akan dilakukan halving, peningkatan harga Bitcoin juga dipengaruhi oleh masih terjadinya pandemi COVID-19 di hampir seluruh negara. Para investor pun banyak yang mengalihkan sahamnya ke Bitcoin.
Ilustrasi Bitcoin. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Menurut Oscar, Bitcoin merupakan salah satu aset yang aman dari ketidakpastian global atau safe haven. Sehingga Bitcoin dinilai akan terus digemari para investor dalam situasi saat ini.
ADVERTISEMENT
“Peralihan pemain ekuitas membuat demand Bitcoin meningkat. Kenaikan harga belakangan dimanfaatkan oleh mereka yang selama ini berinvestasi di saham atau bahkan produk lain untuk ikut bertransaksi di perdagangan kripto,” jelasnya.
Dia juga menjelaskan, pada Maret 2020, harga Bitcoin masih di kisaran USD 4.500 hingga USD 5.000 per koin. Padahal saat itu sejumlah negara terguncang pandemi virus corona.
“Bitcoin mengalami tren kenaikan harga di saat produk investasi lain masih belum menunjukkan pemulihan, bahkan hingga saat ini,” kata Oscar.
Dia pun berharap, momentum saat ini bisa memberikan angin segar bagi masyarakat untuk berinvestasi di sektor kripto. Tentunya, masyarakat perlu memahami aturan main saat investasi kripto dengan segala risikonya.

Tokopedia Bagi-bagi THR Setelah Isu Kebocoran Data

Startup jual beli online Tokopedia kini menggelar promo bagi-bagi THR untuk para penggunanya. Hal ini dilakukan tak lama usai terjadinya isu kebocoran data.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Tokopedia mengakui adanya upaya pencurian data pengguna di platform e-commerce mereka. Kendati begitu, mereka memastikan informasi pengguna hingga data pembayaran tetap terlindungi.
"Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO, di Tokopedia tetap terjaga keamanannya," kata Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia.
Adapun terkait promo terbaru yang disediakan ini, berupa kupon THR dengan cashback hingga Rp 1 juta. Senior Public Relations Tokopedia Antonia Adega membenarkan, promo tersebut resmi dari Tokopedia.
Perusahaan E-commerce anggota idEA, Tokopedia. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Salah satu pengguna bernama Rati Syallfica, mengaku telah mengikuti promo tersebut. Ia sudah mengumpulkan kupon senilai Rp 1.000.000 setelah membagikan link untuk bagi-bagi THR ini.
"Beneran cashback ini. Saya belanja Rp 50.000 dapat cashback Rp 16.000 dan free ongkir juga," katanya kepada kumparan. Dari program promo yang dia ikuti, dia sudah berhasil menghimpun dana cashback total Rp 1.000.000.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan, promo tersebut memang bisa didapatkan setelah pengguna mengajak teman lainnya untuk mengikuti promo ini. Setiap teman yang mengklik link yang dibagikan, akan dikalkulasikan dengan kupon senilai Rp 100.000.

Aturan Baru Untuk Penumpang Pesawat

Pemerintah melonggarkan aturan terkait larangan operasional transportasi umum di tengah masa penanganan virus corona. Salah satunya yakni dengan kembali memperbolehkan maskapai penerbangan untuk mengangkut penumpang rute domestik sejak Kamis, 7 Mei 2020.
Aturan tersebut berikut syarat-syaratnya, tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Aturan ini kemudian diperkuat dengan Surat Edaran Nomor 31/2020 yang diterbitkan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.
ADVERTISEMENT
Sejalan dengan dibukanya penerbangan ini, bandara-bandara PT Angkasa Pura II menetapkan prosedur baru untuk keberangkatan penumpang.
Petugas Kesehatan Karantina Bandara Soekarno Hatta memeriksa suhu badan penumpang yang baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Foto: ANTARA FOTO/Olha Mulalinda
Director of Operations and Services PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid mengatakan, prosedur baru ini dijalankan di seluruh bandara yang dikelola perseroan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan. Salah satu prosedur yang baru diberlakukan itu, yakni penumpang diharuskan sudah ada di bandara empat jam sebelum keberangkatan.
"Prosedur baru ini dijalankan secara ketat dengan tahapan yang detail, oleh karena itu kami mengimbau agar calon penumpang pesawat sudah hadir di bandara 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan," ujar Muhamad Wasid dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/5).
Alasan penumpang diminta datang lebih awal itu lantaran adanya sejumlah protokol kesehatan dan pemeriksaan yang mesti dilewati sebelum kemudian diizinkan terbang. Sebab, menurutnya, ada banyak berkas yang mesti diisi dan dipenuhi oleh calon penumpang.
ADVERTISEMENT
"Prosedur ini diterapkan juga di bandara-bandara lain yang dikelola PT Angkasa Pura II, sehingga dipastikan ketentuan dapat terpenuhi," ujarnya.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona