Berbagai Bisnis yang Bisa Dicoba Saat Ramadan

1 Mei 2017 10:51 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ilustrasi bisnis online (Foto: Thinkstock)
Salah satu momen yang ditunggu-tunggu umat muslim ialah bulan Ramadan. Selain sebulan penuh berpuasa, menjalankan salat tarawih dan ditutup dengan Hari Raya Idul Fitri, bulan Ramadan juga bisa dijadikan peluang untuk memulai usaha.
ADVERTISEMENT
Perencana Keuangan Safir Senduk menjelaskan, ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan saat momen Ramadan, salah satunya dengan melihat peluang dari perubahan kebiasaan sehari-hari masyarakat, mulai dari waktu makan yang berubah dan aktivitas fisik yang berkurang.
"Jadi dilihat kegiatan apa yang berubah dari masyarakat dan dari situ kita bisa masuk, bisa kuliner, bersihin rumah, cuci mobil itu beberapa di antaranya," ujar Safir Senduk kepada kumparan (kumparan.com), Senin (1/5).
Kuliner (Foto: Getty Images)
Misalnya bisnis pada lini kuliner, karena orang kebanyakan mencari hidangan untuk berbuka puasa dan sahur, mulai dari makanan pembuka seperti kolak hingga makanan berat yang tentunya unik dan berbeda dengan yang lain, itu untuk menjadi nilai tambah tersendiri karena pasti ada banyak juga para pengusaha baru pada momen tersebut.
ADVERTISEMENT
Selain itu juga aktivitas fisik masyarakat yang berkurang, bisa dimanfaatkan, misalnya dengan membuka usaha jasa cuci mobil, bersih-bersih rumah, sebab orang akan lebih mengandalkan jasa tersebut ketika bulan puasa tiba.
Pengunjung kuliner Warung Abang Adek. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Dilihat juga kebiasaan "ngabuburit" yang sering dilakukan masyarakat, hal tersebut juga bisa dimanfaatkan dengan membuat tempat bermain khususnya bagi anak anak.
"Jadi kenapa tidak kita cari yang sifatnya main untuk anak anak yang khusus di bulan puasa misalnya, di tempat itu juga kita sediakan kulinernya untuk buka puasa," tambahnya.
Sehingga selain menyediakan ruang yang mempermudah aktivitas masyarakat, usaha di bulan Ramadan tersebut juga bisa menjadi tambahan penghasilan sendiri bagi kita, tentunya dengan perencanaan yang tepat dan matang.