AP I Pastikan Bandara YIA Siap Hadapi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran 2023

19 April 2023 5:31 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suasana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Foto: Michael Agustinus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Suasana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Foto: Michael Agustinus/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I memastikan kesiapan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menghadapi lonjakan penumpang di masa mudik Lebaran 2023. Jumlah penumpang Bandara YIA diprediksi naik 16 persen dibandingkan dengan tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, mengatakan untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang, pihaknya telah menyiapkan bandara-bandara kelolaannya, baik secara operasional maupun infrastruktur.
Ia menjelaskan, AP I telah menambah jadwal Kereta Bandara untuk koneksi langsung dari bandara ke Kota Yogyakarta. Menurutnya, jadwal Kereta Bandara ditambah menjadi 30 perjalanan, dari sebelumnya 24 perjalanan dalam sehari.
"Hal ini dilakukan untuk mengakomodir pengguna jasa bandara yang menggunakan penerbangan malam hari. Kami berupaya memastikan kelancaran mudik pengguna jasa bandara dengan berprinsip pada safety, security, services, dan compliances,” ujar Faik dalam keterangannya, Rabu (19/4).
Tak hanya itu, otoritas YIA juga mencatat adanya lima maskapai yang mengajukan jadwal tambahan untuk melayani para pemudik. Kelima maskapai mengajukan jadwal tambahan dengan rute berbeda. Lion Air jadwal tambahannya tujuan Makassar, Kualanamu, Balikpapan, dan Banjarmasin; Super Jet Air tujuan ke Balikpapan dan Samarinda; Batik Air ke Halim Perdanakusuma; Pelita Air dan Trans Nusa masing-masing ke Cengkareng.
ADVERTISEMENT
"Untuk menghadapi potensi lonjakan pemudik di tahun ini, Angkasa Pura I akan menyiagakan Posko Angkutan Lebaran di 15 bandara yang akan beroperasi mulai 14 April hingga 2 Mei mendatang," jelasnya.
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi. Foto: Dok. AP I
Pengamat penerbangan, Gatot Rahardjo, mengatakan bahwa Bandara YIA sudah memadai dari sisi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang pesawat untuk menghadapi mudik Lebaran tahun ini.
"Asalkan semua fasilitas dijalankan dan personelnya juga lengkap, tidak ada masalah di bandara ini. Jadi dari sisi bandara sebenarnya tidak ada masalah, kecuali kalau ada fasilitas yang tidak dioperasikan dengan alasan efisiensi," kata dia.
Dari sisi kapasitas dan kelayakan, Bandara YIA juga disebut sebagai salah satu bandara dengan kesiapan yang cukup prima dalam menyambut arus mudik dan arus balik pada tahun ini.
ADVERTISEMENT
Angkasa Pura I telah mengembangkan kapasitas bandara YIA 11 kali lebih besar menjadi 20 juta penumpang per tahun, dari Bandara Adisutjipto yang hanya berkapasitas 1,8 juta penumpang per tahun.
Dari segi konektivitas transportasi, Bandara YIA memiliki berbagai pilihan transportasi publik yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna jasa bandara. Bandara YIA memiliki koneksi langsung ke pusat Kota Yogyakarta menggunakan Kereta Bandara.
"Yang harus diperhatikan itu akses ke kota Yogya dan sekitarnya. Apalagi kalau nanti ada extra flight yang biasanya pada malam hari, harus diperhatikan juga sisi keamanan, kenyamanan dan kapasitas transportasi daratnya," tambahnya.